Tuah Keramat Bukit Embun dari Peranap Juara 1 Pacu Jalur 2023

Tuah Keramat Bukit Embun dari Peranap Juara 1 Pacu Jalur 2023

27 Agustus 2023
Final Pacu Jalur 2023 di Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi

Final Pacu Jalur 2023 di Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi

RIAU1.COM - Jalur Tuah Keramat Bukit Embun Desa Gumantai kecamatan Peranap Indragiri Hulu (Inhu) berhasil meraih juara 1 pacu jalur 2023, Ahad (27/8).

Tim jalur tersebut, berhak membawa pulang Piala bergilir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2023. 

Sementara, target Jalur Cakaran Garuda Muda KONI Riau untuk menembus final juga tercapai. Namun, tim Jalur Cakaran Garuda Muda KONI berada di posisi runner up atau posisi kedua. Setelah partai final Pacu Jalur tim KONI harus mengakui ketangguhan atas Jalur Tuah Keramat Bukit Embun Inhu. 

Festival Pacu Jalur yang diselenggarakan di Sungai Kuantan, Tapian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, ditutup oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Event ini disaksikan oleh puluhan ribu penonton, baik dari masyarakat Kuansing, wisatawan dalam negeri dan luar negeri. 

Gubri Syamsuar berharap, momentum tersebut dapat menjadi suatu langkah promosi Riau baik di kancah nasional maupun internasional. Sehingga, bisa menjadi momentum untuk meningkatkan perekoniman masyarakat. Pemprov Riau sendiri mendukung penuh event Pacu Jalur yang juga termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf. 

"Ya harapan saya, dari kegiatan pacu jalur ini makin banyak lagi masyarakat berkunjung ke daerah kita ini. Sehingga, dari sini semoga ekonomi masyarakat juga semakin meningkat dan semakin sejahtera. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk para atlet dan saya harap terus berlatih, sehingga tahun depan kita bertemu lagi. Kami dari Pemerintah Provinsi Riau selalu mensupport kegiatan ini, seperti sekarang ada bantuan dan bonus yang kami berikan,” ujar Syamsuar. 

Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata, memberikan dukungan hadiah bagi jalur pemenang juara I, II dan III. Dengan total hadiah Rp180 Juta. Di mana untuk juara I sebesar Rp70 Juta, juara II Rp60 Juta dan juara III Rp50 Juta. Syamsuar sendiri juga memberikan bonus untuk tim pemenang. Juara 1 Tuah Keramat Bukit Embun mendapat Rp10 juta dan Juara 2 Cakaran Garuda Muda memperoleh Rp5 juta. Tak hanya itu saja, ia juga memberikan lima unit sepeda untuk penari pacu jalur terbaik. 

“Saya melihat meriah ya tahun ini, tentu selamat untuk pemenang dan masyarakat Kuansing yang telah melaksanakan kegiatan pacu jalur. Semoga di masa yang akan mendatang tetap berlanjut dan mudah-mudahan akan lebih ramai lagi. Saat ini banyak saya melihat tidak hanya wisatawan dari Riau saja, namun ada dari daerah lain juga,” ungkapnya.

Berikut juara 1 sampai dengan juara 5 besar pada Event Kharisma Nusantara (KEN) Fastival Pacu Jalur tahun 2023:

1. Jalur Tuah Keramat Bukit Embun

2. Jalur Cakaran Garuda Muda

4. Jalur Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo

5. Jalur Bintang Emas Cahaya Intan

6. Jalur Olang Buas.