Wagubri Banggakan Prestasi Riau pada Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Wagubri Banggakan Prestasi Riau pada Pimpinan Pusat Muhammadiyah

14 September 2023
Wagubri Edy Natar di acara silaturahim Muhammadiyah

Wagubri Edy Natar di acara silaturahim Muhammadiyah

RIAU1.COM - Provinsi Riau secara geografis memiliki luas wilayah 109.512,04 Km2, yang terbentang dari Bukit Barisan hingga ke Selat Malaka, yang terbagi ke dalam 10 Kabupaten dan 2 Kota. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Riau (BPS) tahun 2022 lalu, penduduk provinsi Riau berjumlah 6.493.603 Jiwa. 

Seperti itu dipaparkan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution saat menghadiri silaturahmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan tokoh masyarakat Riau. 

"Provinsi Riau, Alhamdulillah telah Allah anugerahi kekayaan alam yang berupa minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit sagu, kopi, dan serat kayu. Dengan potensi ini, telah menjadikan Provinsi Riau sebagai salah satu penopang ekonomi nasional di wilayah Sumatera," kata Edy. 

Dia juga menyampaikan bahwa Provinsi Riau merupakan salah satu tujuan investasi yang paling diminati di pulau Sumatera, karna dilihat dari sisi letak yang sangat strategis. 

"Provinsi Riau berada pada jalur strategis. Dengan terbukanya akses-akses resmi di kawasan perbatasan telah menjadikan Riau sebagai pintu masuknya barang dan jasa dari negeri tetangga, terutama Malaysia," sebut dia.

Lalu tambah dia menerangkan, bahwa Provinsi Riau telah menjadi salah satu pusat perekonomian di Sumatera. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I tahun 2023 tumbuh sebesar 4,88%. 

Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-6 di Indonesia. Begitu juga dengan capaian IPM pada tahun 2022 sebesar 73,52 (kategori tinggi), lebih tinggi dari capaian Nasional, yaitu sebesar 72,91.

"Dengan demikian, Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Riau berada pada peringkat tujuh se Indonesia. Begitu juga dengan realisasi investasi Provinsi Riau pada tahun 2022 termasuk ke dalam lima terbaik nasional," paparnya.*