Wamendag Cek Harga di Pasar Cik Puan, Ditemukan Minyakita Dijual di Atas HET

Wamendag Cek Harga di Pasar Cik Puan, Ditemukan Minyakita Dijual di Atas HET

11 Februari 2023
Wamendag, Jerry Sambuaga di Pasar Cik Puan Pekanbaru

Wamendag, Jerry Sambuaga di Pasar Cik Puan Pekanbaru

RIAU1.COM - Harga dan ketersediaan bahan pokok (bapok) di Pasar Cik Puan, Pekanbaru, Riau pada Sabtu (11/2) ditinjau Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga.

Wamendag tiba di Pasar Cik Puan pukul 10.30 wib. Dia langsung mengecek harga dan ketersediaan Minyakita di sejumlah kedai dan menanyakan langsung kepada pedagang.

"Kedatangan kami untuk mengecek harga dan ketersediaan. Salah satu yang kita kunjungi pertama adalah soal ketersediaan minyak curah dan Minyakita. Tadi ada beberapa pedagang yang melaporkan kepada kita, ada harganya yang di atas HET (harga eceran tertinggi) dan ada juga sesuai dengan HET," kata Jerry.

Sebab itu, kata Jerry, pihaknya mendorong, jika ada harga belum sesuai dengan HET agar bisa dipastikan. "Begitu harga sampai ke pedagang harus dipastikan sesuai dengan HET Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kilogram," Jerry menegaskan.

Di Pasar Cik Puan Wamendag Jerry sempat bertanya kepada ibu-ibu pedagang terkait HET. Dibeberkan Jerry, satu di antaranya permasalahan yang ada adalah ketika pedagang mengambil dari agen atau distributor harganya sudah mahal. 

"Oleh karena itu, kami akan koordinasi dengan teman-teman pemerintah daerah dan PD Pasar untuk memastikan agar harga [Minyakita] di agen jangan tinggi. Jadi supaya sampai ke pedagang sesuai dengan harga HET 14 ribu rupiah per liter," ujarnya.