Berhasil Bawa Pulang Piala Adipura, Ini yang akan Dilakukan DLH Rohil

Berhasil Bawa Pulang Piala Adipura, Ini yang akan Dilakukan DLH Rohil

16 Maret 2024
Kadis Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi saat terima piala Adipura belum lama ini

Kadis Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi saat terima piala Adipura belum lama ini

RIAU1.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir (Rohil) berhasil menjadikan kota Bagansiapiapi meraih piala Adipura.

Sebab itu, Pemkab Rohil mengagendakan acara kirab piala Adipura keliling kota Bagansiapiapi.

"Keberhasilan meraih piala Adipura tidak terlepas dari peran semua pihak, terutama OPD terkait yang turut berperan dalam penilaian titik pantau, seperti Disperindagsar yang menangani masalah pasar, Dinas Kesehatan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan OPD lainnya serta masyarakat, kita sedang menunggu arahan Pak bupati terkait rencana kirab piala Adipura keliling kota Bagansiapiapi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil Suwandi

Dalam penilaian kota Adipura dikatakan Suwandi, titik awal penilaian adalah kebijakan strategi daerah (Jakstrada) dalam penanggulangan dan pengelolaan sampah.

"Alhamdulillah dari 6 kabupaten kota di Riau yang dinilai, ada 4 kabupaten/kota yang berhasil mendapatkan piala Adipura yang salah satunya adalah Kabupaten Rokan Hilir. Mendapatkan piala Adipura memang hal yang kita dambakan, di mana Kota Bangasiapiapi sebagai ibu kota kabupaten sudah lama tidak mendapatkan penghargaan Adipura," ungkapnya.

Adipura dikatakan Suwandi merupakan sebuah penghargaan reward yang diberikan pemerintah melalui menteri LHK kepada kabupaten kota yang mampu mengelola ruang terbuka hijau dan penanggulangan sampah secara maksimal. 

"Jadi tahun ini kita bisa meningkatkan prestasi kita, di mana tahun 2022 kita hanya bisa mendapatkan penghargaan Adipura dalam bentuk sertifikat, tapi di tahun ini kita bisa meraih piala Adipura. Mudah-mudahan ke depan dengan dukungan semua pihak dan arahan pak bupati, kita bisa mempertahankan piala Adipura ini," terangnya.*