Di Musrembang, Bupati Rokan Hilir Mengaku APBD Defisit

Di Musrembang, Bupati Rokan Hilir Mengaku APBD Defisit

2 Maret 2024
Musrenbang Kecamatan Tanah Putih

Musrenbang Kecamatan Tanah Putih

RIAU1.COM - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tanah Putih untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun 2025 dibuka dan dipimpin langsung Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong.

Bupati dalam penyampaiannya mengatakan musrenbang merupakan tahapan dari proses penyusunan RKPD untuk tahun berikutnya. Diharapkan aspirasi masyarakat yang diusulkan melalui Musrenbang tingkat desa sampai Kecamatan harus yang benar-benar skala prioritas. 

"Musrenbang hari ini di Kecamatan Tanah Putih cukup banyak yang hadir, ada asisten, kepala OPD, forkompincam serta lurah dan penghulu. Kebetulan hari ini saya berada di sini menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Tanah Putih, sehingga saya bisa langsung mendengarkan aspirasi yang disampaikan masyarakat melalui datuk/datin penghulu maupun lurah," kata dia.

Walaupun APBD kita mengalami defisit, sambung Afrizal, dimana APBD Rohil tahun ini Rp2,2 triliun, namun untuk memenuhi usulan masyarakat yang tidak terlalu besar masih bisa dilaksanakan kegiatannya. 

"Sepertinya apa yang diusulkan oleh lurah, Datuk/Datin Penghulu di Kecamatan Tanah Putih ini tidak begitu besar, jadi rata-rata usulan dibawah 200 juta dapat dimasukan dan dilaksanakan kegiatannya pada APBD-P 2024 atau pada APBD murni 2025 untuk anggaran yang diatas 200 juta," jelasnya.

Selain itu untuk Kecamatan Tanah Putih, terang Bupati, ada kegiatan - kegiatan yang sudah di usulkan pada tahun sebelumnya akan dilaksanakan kegiatannya pada APBD murni tahun ini.

"Saya berharap para Datuk dan Datin Penghulu maupun lurah bisa menjelaskan kepada masyarakat, tokoh masyarakat bahwa usulan kegiatan atau proposal yang disampaikan melalui musrenbang itu tidak bisa langsung dikerjakan. Semua ada prosesnya dan harus masuk dalam RKPD," terangnya.*