Kebun Karet Warga Rohil Dimasuki Beruang

Kebun Karet Warga Rohil Dimasuki Beruang

3 Februari 2023
Tangkapan layar kebun warga yang dimasuki beruang

Tangkapan layar kebun warga yang dimasuki beruang

RIAU1.COM - Perkebunan karet milik warga Kelurahan Sedingin Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Rohil dimasuki seekor beruang. Gerak gerik satwa liar itu terekam CCTV di kebun warga.

Rekaman kamera pengintai itu kemudian menyebar di media sosial dan viral. Dalam rekaman video itu, satwa beruang lalu lalang di perkebunan warga seperti mencari makan.

BBKSDA Riau mengaku telah menerima laporan adanya interaksi satwa tersebut, bahkan tim telah melakukan observasi sebagai upaya mitigasi konflik itu.

"Kita lakukan sosialisai bersama aparat pemerintah desa memberikan pemahaman ke warga untuk tidak berlaku anarkis kepada beruang karena merupakan hewan yang dilindungi," kata Plh Kepala Wilayah II BBSKDA Riau Hartono Jumat (3/2).

Kemudian Hartono menjelaskan, areal kemunculan satwa beruang itu berada di kawasan kebun karet dan sawit milik masyarakat. Dia menyebut beruang itu memang terlihat sedang mencari makanan.

Loading...

"Areal di lokasi kemunculan beruang adalah kebun karet dan sawit milik masyarakat. Berdasarkan pemantauan, beruang itu mencari pakan, artinya sumber pakan di kawasan hutan sudah sulit ditemui," sebut dia.

Beruang itu ternyata sudah 3 hari berada di perkebunan masyarakat. Beruntung tidak terjadi interaksi langsung antara beruang dengan manusia di lokasi. Sebab, kemunculan satwa yang dilindungi itu hanya ingin mencari makan.

"Iya sudah tiga hari, selama tim di lapangan itu beruang keluar masuk perkebunan masyakakat. Dari pengamatan, beruang itu sudah dewasa," tukasnya.*