Pemkab Rohul Taja FGD untuk RPJP 20 Tahun

Pemkab Rohul Taja FGD untuk RPJP 20 Tahun

2 Desember 2023
FGD Bappeda Rohul bahas RPJP

FGD Bappeda Rohul bahas RPJP

RIAU1.COM - Asisten II Setdakab Rokan Hulu (Rohul) H.Ibnu Ulya membuka forum group discusion (FGD) terkait Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Rokan Hulu tahun 2005-2025 pekan ini.

Dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohul, Devita Sari menjelaskan, bahwa RPJPD ini merupakan rencana jangka panjang selama 20 tahun, yang mana dalam RPJPD ini ada 4 tahapanan RPJMD, yang masing-masingnya ada lima tahun.

"Oleh karena itu, untuk evaluasi ini merupakan proses pelaksanaan oleh Beppeda dan tenaga ahli, telah menyiapkan dan mengumpulkan data datanya," kata dia.

Dia berharap dengan terlaksananya evaluasi ini akan mendapatkan hasil yang baik, sehingga apa yang telah direncanakan selama 20 tahun, dari 2005 hingga 2025 dapat dilaksanakan meskipun tidak secara menyeluruh.

"Evaluasi yang dilakukan saat ini dalam rangka untuk penyusunan RPJPD 20 tahun kedepan, yakni 2025-2045, oleh karena itu untuk menyusun RPJPD yang baru dibutuhkan evaluasi terhadap RPJPD yang lama sehingga apa yang ada di RPJPD lama apakah bisa dilanjutkan atau tidak yang diketahui berdasarkan hasil evaluasi," papar dia.

Selanjutnya, Kaban Bappeda Rohul, Yusmar, menyebutkan bahwa langkah pertama dilakukan mengikuti mekanisme yang telah diatur oleh Pemerintah Pusat, apakah melalui Permendagri ataupun melalui Perpres bahwa RPJP ini dievaluasi setahun sebelum ditetapkannya RPJP.

"Dalam artian, Rokan Hulu pada tahun 2024 RPJP nya sudah harus tersusun sebab pada tahun 2025 sudah akan terpakai,  oleh karena itu sebelum penyusunan ini dilakukan evaluasi, dengan tujuan untuk memberikan masukan dari berbagai kalangan, baik akademisi pemerintahan daerah, maupun kecamatan yang memiliki cara pandang berbeda, yang akan dijadikan bahan masukan untuk RPJPD 2025 hingga 2045," papar dia.*