Safari Ramadan Pemkab Rohil Sengaja Pilih Masjid Minim Perlengkapan

Safari Ramadan Pemkab Rohil Sengaja Pilih Masjid Minim Perlengkapan

26 Maret 2024
Safari Ramadan Pemkab Rokan Hilir

Safari Ramadan Pemkab Rokan Hilir

RIAU1.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong saat safari ramadan menyalurkan bantuan hibah dana operasional rumah ibadah kepada pengurus Masjid Mujahidin Sungai Nyamuk, di Jalan Lintas Kepenghuluan Sungai Nyamuk, Kecamatan Sinaboi.

Selain menyerahkan bantuan dana operasional Masjid Mujahidin sebesar Rp 50 juta, Bupati Afrizal Sintong didampingi Sekdakab Fauzi Efrizal juga menyerahkan bantuan penyelenggara fardu kifayah kepada 20 penerima manfaat senilai Rp10 juta, dengan masing-masing menerima sejumlah Rp500 ribu, penyerahan 100 lembar kain sarung dari Baznas Rohil yang diterima secara simbolis serta penyerahan jam digital untuk masjid dan musala se-Rohil.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan agar pengelolaan zakat dapat terkordinasi dan terakomodir secara administrasi oleh Baznas Kabupaten Rohil sehingga penyaluran zakat dapat tepat sasaran.

"Kita ingin penerimaan zakat ini pengurusannya di SK-kan sehingga terkordinasi dan terakomodir secara administrasi oleh Baznas agar pembagian zakat itu juga tepat sasaran serta resmi," ujarnya.

"Kita berharap kepada Lurah maupun penghulu dapat membuatkan SK pengurus zakat atau Amil Zakat sehingga mereka bisa menghimpun zakat serta melakukan pendataan terhadap penerima zakat mana fakir, miskin, duafa, mualaf dan lainnya begitu juga dengan penyelenggara Fardu Kifayah harus dibuatkan SK nya," sambung dia memaparkan.

Kemudian bupati menyebutkan, bahwa safari Ramadan tahun ini dirinya sengaja memilih lokasi di masjid dan musala yang butuh perbaikan atau masih minim perlengkapannya, agar penyalur bantuan rumah ibadah bisa merata serta dapat menyerap aspirasi masyarakat.

"Pada safari Ramadan tahun-tahun sebelumnya kegiatan safari Ramadan selalu di masjid Kecamatan, tapi tahun ini saya sengaja mencari lokasi safari Ramadan pada masjid dan musala yang kondisinya butuh perbaikan atau penambahan fasilitas ibadah lainnya seperti masjid Mujahidin Sungai Nyamuk ini yang belum siap pada bangunan kubah dan catnya belum bagus. Nanti pengurus masjid bisa mengajukan proposal untuk pembangunan kubahnya," ungkapnya.*