Rabu, 27 Oktober 2021

ROKAN-HULU

Pemkab Rohul Beli Beras Petani Lebih Mahal dari Harga Bulog, Ini Alasannya

news24xx


Saat launcing program beli beras petani Saat launcing program beli beras petani

RIAU1.COM - Guna meningkatkan kesejahteraan petani sawah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Pemerintah Kabupaten Rohul berinisiatif membeli gabah beras petani diatas harga pembelian pemerintah (hpp) dari harga standar Bulog 4.800/Kg menjadi 6.000/Kg.

Baca Juga: Pelatihan Bagi Puluhan Qori Rokan Hulu Digelar, Ini yang Diharapkan



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

Pembelian beras sawah Rohul dibeli untuk PNS dilingkungan Pemkab Rohul. Yang mana tujuannya yakni untuk mengantisipasi petani tidak melakukan alih fungsi lahan ke perkebunan kelapa sawit.

Launching penyerahan Boreh Sawah Rohul ini diserahkan Bupati Rohul H. Sukiman kepada PNS dinas PUPR Rohul didampingi Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan pertengahan pekan ini. 

“Mulai hari ini kita launching untuk pembelian beras petani kita. Dan  berharap petani kita semakin semangat dan sejahtera. Oleh karena itu, kita Pemkab Rohul berinisiatif agar hasil panen petani seperti gabah beras ini dibeli PNS dengan harga diatas harga pembelian pemerintah,” ujarnya.

“Hal ini membuat petani kita beruntung, dimana harga standar beli dari Bulog harga gabah itu 4.800/Kg, kita membeli dengan harga 6.000/Kg, sehingga ada selisih harga 1.200, dengan selisih harga dan kepastian yang membeli PNS kita harapkan petani lebih semangat,” sambung Bupati Sukiman.

Ditempat yang sama, Plt Kadis TPH Rohul Admiral SP mengatakan Dinas TPH Rohul sebagai fasilitator dalam penyediaan beras untuk PNS di Rohul, pihaknya sudah menyiapkan lahan 170 hektar untuk tahap pertama 20 ton/bulan.

“Kita siapkan lahan untuk kegiatan ini tahap pertama 20 Ton per bulan itu kita siapkan lahan 170 Hektar. Untuk tahap awal penyedianya Unit Pelayanan Jasa (Upja) Paduka Rambah Samo, Upja Mitra Utama Rambah Hilir dan Poktan Harapan Maju Setia Rambah,” jelas Admiral.

Sambung Admiral, Dinas TPH Rohul sebagai fasilitator akan berkoordinasi dengan Upja selanjutnya akan bekerjasama langsung dengan Koperasi yang ada di OPD-OPD untuk mendistribusikan dan menyalurkan beras kepada PNS.

Baca Juga: Ini Kabar Gembira Perkembangan Pertanian di Rohul pada Momentum Hari Pangan Sedunia

“Upja ini yang akan melaksanakan MoU dan kerjasama dengan Kopreasi yang ada di OPD. Stok beras saat ini masih aman untuk 12 bulan. Sudah disepakati petani dijual untuk jenis bersa Ciherang dan Inpari 10.500, khusus untuk Inpari Zinc 11.000/Kg harga jualnya,” jelas Admiral.*





loading...
Loading...