Selasa, 09 Agustus 2022

ROKAN-HULU

Desa Kumain Jadi Pelopor Listrik Pintar di Rokan Hulu

news24xx


Saat peresmian desa listrik prabayar Saat peresmian desa listrik prabayar

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Zaki menghadiri peresmian 100 persen desa listrik prabayar di desa Kumain yang menjadi pelopor penggunaan listrik pintar di Kabupaten Rokan Hulu.

Baca Juga: Dilantik, Ini Nama-nama Pimpinan Baznas Rohul 2022-2027

Peresmian ini dilaksanakan di Balai Desa Kumain yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Camat Tandun, Kepala Desa Kumain, Manager PLN UP3 Pekanbaru, Manager PLN ULP Ujung Batu dan masyarakat desa Kumain.

Sebanyak 740 pelanggan dimigrasikan dari meteran listrik paskabayar ke meteran listrik prabayar (listrik pintar) disambut gembira oleh masyarakat desa Kumain, sebab penggunaan listrik pintar ini memberikan banyak keuntungan, baik kepada pelanggan, PLN, maupun pemerintah daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Zaki menjelaskan, dengan menggunakan meteran listrik prabayar (listrik pintar) menjadi nilai positif karena masyarakat bisa menghemat penggunaan listrik dengan mengontrol langsung pemakaian secara harian. 

"Untuk pembelian token listrik juga sudah banyak kemudahan, bisa melalui mobile banking, bumdes, atau PPOB lain. Dengan penggunaan listrik pintar juga tidak ada lagi masyarakat berasumsi petugas PLN baca meter asal - asalan karena perbedaan tagihan listrik” kata dia.

Meski perlu adaptasi, sambung dia, pemerintah kabupaten berharap desa - desa lainnya akan menyusul desa Kumain menjadi desa pintar melalui migrasi ke listrik prabayar. "Hal Ini akan terwujud apabila terbangun komunikasi yang baik antar masyarakat, pemerintah daerah dan PLN," tuturnya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Pekanbaru, Wira Bhakti Dharma mengapresiasi kepada desa Kumain menjadi desa pertama migrasi 100 persen ke listrik prabayar di wilayah kerja PLN UP3 Pekanbaru pada tahun 2022. 

"Hal ini akan sangat berdampak terhadap percepatan pengelolaan pajak penerangan jalan, agar Pendapatan Asli Daerah juga bisa cepat diproses di Pemerintah Kabupaten untuk kemaslahatan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu," sebut dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wira juga meminta kerjasama kepada masyarakat desa dan forkopimda terkait dengan keselamatan ketenagalistrikan, seperti jika ada tanaman yang dekat dengan jaringan listrik dan berpotensi menyebabkan gangguan aliran listrik, sekiranya masyarakat dapat merelakan jika ada tanamannya dipangkas agar aliran listrik bisa tetap aman untuk dinikmati oleh masyarakat.

Baca Juga: Pemdes Sialang Rindang Rohul Optimalkan Lahan Kosong untuk Ketahanan Pangan

"Dan apabila masyarakat yang ingin membeli token listrik dan atau mengalami gangguan aliran listrik dapat melaporkan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa digunakan di smartphone dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile di playStore maupun AppStore,"Tutup Wira.*





loading...
Loading...