Rabu, 05 Oktober 2022

ROKAN-HULU

Danau Conga Rohul akan Dikembangkan jadi Lokasi Wisata dan Budidaya Ikan

news24xx


Saat peninjauan Danau Conga Saat peninjauan Danau Conga

RIAU1.COM - Sejak diresmikan Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman pada Sabtu (19/9/2020) lalu, Potensi Wisata Danau Conga di Dusun Teluk Riti, Desa Rambah Hilir Tengah, Kecamatan Rambah Hilir, terus dilakukan penataan dan pengelolaan oleh Pemdes dan Pemkab Rohul.

Baca Juga: Mahasiswa UPP Sebagian Dimagangkan di Diskominfo Rohul, Ini Tujuannya

Danau Conga yang dulunya Bendungan akan dikembangkan Pemkab Rohul melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul untuk budidaya ikan keramba. Karena potensi danau Conga yang luas dan memiliki kedalaman air 1-10 meter, cocok dikembangkan budidaya ikan keramba disamping itu juga bisa dikembangkan untuk Wisata.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Rokan Hulu Barikun, SP saat meninjau Danau Conga Dusun Teluk Riti, Desa Rambah Hilir Tengah, Kecamatan Rambah Hilir akhir pekan ini.

Barikun mengaku tertarik dengan danau yang pernah juga diberi nama Lubuk Omeh (emas_red) tersebut.

“Untuk pengelolaannya diperlukan manajemen dan pengurus yang serius. Saya menyarankan danau yang selama ini baru dikelola oleh dusun, kedepan dikelola oleh Camat Rambah Hilir dan Kepala Desa Rambah Hilir Tengah. Sehingga dapat dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” sarannya.

“Saya telah melakukan monitoring dan meninau Danau Conga, kalau kita lihat, bisa untuk restocking benih dan budidaya ikan keramba. Jika dilihat dari airnya, cocok untuk budidaya ikan Baung, Lele an Nila,” sambung dia.

Menanggapi hal tersebut, Camat Rambah Hilir H. Agussalim menyatakan akan melaksanakan koordinasi dengan Kepala Desa dan musyawarah dengan Dusun untuk pengelolaan danau tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Rambah Hilir Tengah Jasrul dengan penuh semangat siap bermusyawarah dan bersinergi dengan Kadus dan masyarakat Telukriti untuk merealisasikan nya. 

Jasrul melanjutkan, berharap pengelolaan Danau Conga untuk sektor Perikanan dan Pariwisata dimasukan dalam usaha BUMDes, dengan harapan bisa untuk menambah sumber PAD desa.

Baca Juga: RAPBD-P Rohul 2022 Disepakati Rp1,62 T

“Sejak diresmikan Bupati Sukiman, Pemdes Rambah Hilir Tengah waktu itu juga telah memulai penataan, mulai pembangunan jalan masuk dengan semenisasi dan paving blok, kedepan melalui Dana Desa juga akan kita lakukan penataan,” ujar Jasrul.*
 





loading...
Loading...