Imunisasi Polio di Rohul, Bupati Sukiman: Ini untuk Lindungi Anak-anak Kita

Imunisasi Polio di Rohul, Bupati Sukiman: Ini untuk Lindungi Anak-anak Kita

7 Maret 2023
Bupati Rokan Hulu, Sukiman

Bupati Rokan Hulu, Sukiman

RIAU1.COM - Bupati Rokan Hulu H. Sukiman membuka pencanangan Crash Program Polio Tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023, Senin (06/03).

Bupati H. Sukiman mengatakan saat ini sedang banyak terjadi kejadian luar biasa (KLB), salah satunya di provinsi Aceh pada November 2022 lalu ditemukan kasus polio VDVP 2 di Kabupaten Pidie.

"Mengingat secara geografis provinsi Riau berdekatan dengan provinsi Aceh, dan adanya hasil risk assessment dikategorikan sebagai provinsi yang berisiko tinggi terhadap penularan virus polio, maka pemerintah kabupaten Rokan Hulu melalui satker terkait akan melakukan kegiatan crash program polio yang juga dilaksanakan serentak di provinsi Riau termasuk kita kabupaten Rokan Hulu ini" ungkap Sukiman.

Lalu Sukiman menerangkan, salah satu cara pencegahan polio yakni dengan memberikan imunisasi yang merupakan intervensi kunci dalam upaya pencegahan polio dan kegiatan ini juga sejalan dengan surat edaran dari Menteri Kesehatan RI no. SR.02.06/Menkes/2023 tanggal 20 januari 2023 perihal pelaksanaan crash pogram dalam rangka pencegahan penularan virus polio dan surat instruksi Gubernur Riau no. 443/Dinkes/1173 tanggal 1 februari 2023 perihal pelaksanaan crash program polio.

"Untuk mencegah penularan Virus Polio menteri Kesehatan RI dan Gubernur Riau sudah mengeluar Surat Edaran, oleh karena itu kabupaten Rokan Hulu akan melaksanakan crash program polio dalam satu pekan yang dimulai pada tanggal 6 maret 2023 dengan target anak berusia 0 – 59 bulan yang berjumlah 75.094 anak, upaya ini penting dalam mempertahankan status indonesia bebas polio 2026 nanti" papar dia.

Loading...

Sukiman mengajak kepada semua sektor untuk bekerjasama sukseskan pencanangan crash Program Polio agar bisa melindungi anak Rokan Hulu yang sehat dan bebas polio.

"Mari kita semua bekerjasama, berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan pelaksanaan crash program dan penguatan imunisasi polio di kabupaten Rokan Hulu ini dan mari kita bersama melindungi anak-anak kita untuk mewujudkan kabupaten Rokan Hulu sehat dan bebas polio" harapnya.*