Kurangi Risiko Bencana Alam, Pemkab Rohul Rakor Khusus

Kurangi Risiko Bencana Alam, Pemkab Rohul Rakor Khusus

19 Juli 2023
Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Zaki.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Zaki.

RIAU1.COM - Rapat koordinasi persiapan kajian kebutuhan pasca bencana (Jitupasna) dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Muhammad Zaki.

Sekda mengatakan rakor ini dilaksanakan untuk menyusun dan mengkaji terkait pasca bencana, pengkajian pasca bencana merupakan instrumen untuk melaksanakan konsep rehabilitasi dan rekonstruksi yang mencakup aspek pemulihan fisik dan aspek kemanusiaan yang menggunakan prinsip dasar membangun yang lebih baik dan lebih aman berbasis pengurangan risiko bencana.

Zaki menerangkan bahwa tujuan dilakukannya acara ini untuk menyatukan visi dan misi untuk merealisasikan program yang ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

"Mari kita rubah pola lama yang melemparkan tanggung jawab itu kepada OPD terkait saja bencana merupakan tugas bersama bagaimana pemerintah bisa menanggulangi dan menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu," sebut dia.

Terutama, sambung dia, mengenai bencana yang tiap tahun dihadapi, yakni banjir longsor, kebakaran hutan dan lahan dan angin puting beliung. Mitigasi atau pemetaan terhadap resiko bencana sudah dipetakan dan sudah dilakukan kajian-kajian terhadap potensi bencana bisa menjadi pedoman.

"Tapi terkait dengan bagaimana kita mengantisipasi dan mengatasi pasca bencana perlu kajian kebutuhan pasca bencana itu sendiri," ujarnya.*