Wujudkan Profesionalitas Pelayanan BLUD, Petugas Puskesmas di Rohul Diberi Bimtek

Wujudkan Profesionalitas Pelayanan BLUD, Petugas Puskesmas di Rohul Diberi Bimtek

21 Desember 2023
Pembukaan Bimtek bagi petugas Puskesmas di Rohul/Amirariau.com

Pembukaan Bimtek bagi petugas Puskesmas di Rohul/Amirariau.com

RIAU1.COM - Guna pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang lebih baik, digelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi Petugas Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). 
 
Bimtek ini merupakan bentuk penyegaran pengetahuan bagi Petugas Puskesmas, terkait pengelolaan dana BLUD agar transparan dan mematuhi tata cara penyusunan dokumen administratif yang menjadi persyaratan utama penerapan BLUD.

Asisten II Setdakab Rohul, Drs Ibnu Ulya, mengungkapkan, bahwa kegiatan ini diadakan sebagai perwujudan surat Edaran Kemendagri melalui Ditjen Bina Keuangan Daerah.

"Pengelolaan dana dalam BLUD bukanlah sebuah bisnis, melainkan pelayanan publik kepada masyarakat. Oleh karena itu, pengelolaan dana BLUD harus diperhatikan secara serius agar memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat," kata dia.

"Saat ini, 22 Puskesmas di Kabupaten Rokan Hulu sudah masuk dalam pengelolaan BLUD, dan hanya ada satu Puskesmas lagi yang belum bergabung," sambung Ulya.

Dia juga menambahkan, meski Puskesmas maupun Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Rokan Hulu sudah melakukan pengelolaan dana BLUD sesuai dengan aturannya. 

"Saat ini masih banyak Puskesmas yang baru melaksanakan BLUD. Kehadiran narasumber dari Kementerian pada acara Bimtek ini diharapkan dapat memperjelas segala apa-apa yang harus dilakukan maupun tindakan-tindakan yang harus dilaksanakan oleh pengelola BLUD itu sendiri," sebut dia.*