Peringati Puncak Harganas XXVI 2019, Bupati Siak Alfedri Ajak Masyarakat Perkuat Fungsi Keluarga

Peringati Puncak Harganas XXVI 2019, Bupati Siak Alfedri Ajak Masyarakat Perkuat Fungsi Keluarga

6 Juli 2019
Bupati Siak, Alfedri saat menghadiri puncak Harganas XXVI 2019 di Kalsel

Bupati Siak, Alfedri saat menghadiri puncak Harganas XXVI 2019 di Kalsel

RIAU1.COM - Lewat pelaksanaan kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak ingin mengingatkan kembali masyarakat akan pentingnya peran strategis keluarga dalam membangun bangsa dan negara.

"Momentum peringatan Harganas ini sejatinya untuk memberikan semangat dan motivasi kita semua dalam mengakselerasi peningkatan peran keluarga," kata Alfedri saat menghadiri puncak peringatan Harganas XXVI di Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu 6 Juli 2019.

"Peran keluarga ini diiantaranya fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, serta fungsi pelestarian lingkungan. Selain itu juga membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal menuju Indonesia Emas tahun 2045," paparnya.

Alfedri juga mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan sejumlah program dan kebijakan yang telah berjalan di Siak yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dari peran strategis dan ketahanan keluarga selaku unit sosial terkecil ditengah masyarakat.


"Diantara upaya dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas,melalui program Bina Keluarga Balita (BKB), Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), Generasi Berencana (Genre) serta program 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)," sebutnya.

Masih kata Alfedri, sebagai bentuk dukungan peningkatan kualitas spiritual dan ketahanan keluarga, program kampung sakinah juga dilaksanakan, disamping berbagai bentuk program bantuan sosial yang terus berjalan untuk memperkuat ketahanan keluarga.

"Membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera tentunya perlu direncanakan sejak dini, untuk itu dibutuh ilmu wawasan, kematangan, serta kebijaksanaan sesuai tuntunan adat dan agama. Mari kita perkuat kembali peran strategis keluarga kita untuk bangsa yang kuat," pungkasnya.(R1)

 

Penulis: M Rizal Iqbal