Kamis, 18 Agustus 2022

SIAK

Istana Siak hingga Tansi Belanda Berbenah Sambut Wisatawan

news24xx


Persiapan sambut wisatawan Persiapan sambut wisatawan

RIAU1.COM - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak terus berbenah menyambut kunjungan wisatawan. Sejumlah persiapan telah dilakukan sejak jauh hari sebelum libur lebaran tiba. 

Baca Juga: Berikut Pesan Bupati Alfedri di HUT Gerakan Pramuka ke-61

Selama dua tahun terakhir ini pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sektor pariwisata di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Siak. Namun, pada tahun 2022 jumlah kasus COVID-19 cenderung melandai turun.

Seiring kondisi itu, pemerintah telah memberi kelonggaran kepada pengelola wisata dan wisatawan. Sehingga aktivitas pariwisata bisa dibuka kembali untuk menerima kunjungan wisatawan. 

Pelaku Industri Pariwisata tanah air, termasuk di Kabupaten Siak menyambut baik kondisi ini. Kendati demikian, aktivitas wisata tetap harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi lonjakan kasus COVID-19. 

Dinas pariwisata kabupaten Siak sejak jauh hari sebelum masa libur Idulfitri telah melakukan sejumlah langkah, untuk mempersiapkan objek wisata di Siak untuk menerima kunjungan wisatawan. 

Sejumlah persiapan yang telah dilakukan di antaranya terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 dan penerapan Sapta Pesona. 

Objek wisata yang telah dipersiapkan di antaranya Istana Siak, Tansi Belanda, Rumah Datuk Pesisir, Tepian Bandar Sungai Jantan. 

Selain objek wisata itu, juga ada sejumlah destinasi yang menjadi daya tarik wisata, yakni Taman Siak Lawo, Taman Rusa di area Jembatan Siak, dan wisata susur sungai di sepanjang alur sungai Siak. 

Plt Kadis Kominfo Kabupaten Siak melalui Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Siak, Paula Chandra SE menyampaikan, bahwa selain objek wisata di kota Siak, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata lainnya yang tersebar di sejumlah kecamatan. 

"Lokasi destinasi yang bisa dikunjungi berada di Desa Wisata Kampung Melayu Sei Mempura, Kecamatan Mempura. Kemudian juga ada Desa Wisata Dayun di Kecamatan Dayun," ujar Paula Chandra, Rabu (4/5/2022). 

Dijelaskan dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menilai, bahwa dua desa wisata itu telah berhasil lolos 300 besar dan 50 besar desa wisata terbaik nasional, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

"Diharapkan libur lebaran tahun ini, tingkat kunjungan wisatawan di Siak dapat kembali pulih setelah dilanda pandemi Covid. Namun, kami tetap mengharuskan pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta menggunakan aplikasi Pedulilindungi," ujar Paula Chandra. 

Saat ditanya soal target kunjungan wisatawan, Paula Chandra memperediksi, per harinya sebanyak 8 ribu hingga 10 ribu wisatawan bakal menyambangi sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Siak. 

Baca Juga: Di Lubuk Dalam Siak Berdiri UMKM 'Jae-que', Produksi Minuman Herbal

"Selain itu kami  juga mengajak para wisatawan untuk ikut lomba foto pariwisata yang kami siapkan. Berswafoto di objek wisata dan mengunggah melalui IG (Instagram) bakal dapat hadiah jutaan rupiah yang sudah disiapkan. Info lebih lengkap dapat dicek melalui akun IG @pesona_siak," tandasnya.*





loading...
Loading...