Pencari Batang Sagu di Sungai Mungkal Siak Diserang Harimau

Pencari Batang Sagu di Sungai Mungkal Siak Diserang Harimau

19 Maret 2024
Ilustrasi Harimau Sumatera/Net

Ilustrasi Harimau Sumatera/Net

RIAU1.COM - Efendi (32) mengalami luka robek akibat cakaran dan gigitan harimau di Sungai Mungkal, Kampung Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Siak, Ahad (17/3).

“Korban diserang sekitar pukul 21.00 WIB,” kata Kapolsek Sungai Apit, AKP Rinaldi, Senin (18/3).

Kemudian Kapolsek menjelaskan, informasi serangan harimau didapatkan pada Senin (18/3) sekitar pukul 9.00 WIB, yang dibenarkan oleh kepala desa setempat.

Setelah ditindaklanjuti, diketahui Efendi diserang setelah makan malam bersama tiga temannya dan korban langsung merokok.

“Saat korban merokok di luar bedeng, tiba-tiba datang harimau menyerang. Namun, korban menangkis menggunakan tangan kanannya,” kata Rinaldi.

Sebelumnya, jelas Rinaldi, korban bersama tiga temannya datang ke lokasi untuk mencari batang sagu. "Mereka itu merupakan warga Rangsang Barat, Meranti datang ke lokasi untuk mencari batang sagu,” ungkap Rinaldi.

Rinaldi mengatakan, serangan harimau bukan pertama kali terjadi. Sehingga pihaknya bersama pihak terkait beberapa kali sudah melakukan upaya pencegahan terjadinya konflik.

Untuk menuju ke lokasi yang berjarak 1,5 km dari pemukiman warga, pihaknya harus menggunakan alat transportasi air.

“Di dusun tersebut tidak ada sinyal sehingga saat ada kejadian akan lambat diproses karena lambat juga diketahui,” kata Rinaldi.

Setelah mendapat informasi ada warga mendapat serangan, Rinaldi mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak BKSDA Riau. Sementara itu, informasi dari korban dan saksi-saksi di lokasi mengatakan, harimau yang muncul berjumlah satu ekor.*