Siak Kini Miliki Himpunan Pramuwisata Indonesia, Ini Keinginan Wabup Husni

Siak Kini Miliki Himpunan Pramuwisata Indonesia, Ini Keinginan Wabup Husni

25 Desember 2023
Pengukuhan pengurus HPI Siak

Pengukuhan pengurus HPI Siak

RIAU1.COM - Dewan Pengurus Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Siak masa khidmat 2023-2024 resmi dikukuhkan belum lama ini.

Dalam pengukuhan ini juga dihadiri Wakil Bupati Siak Husni Merza, Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Siak, ketua HPI Provinsi, pimpinan OPD kabupaten Siak serta ketua dan Pengurus HPI siak yang akan di lantik.

Wakil Bupati Siak Husni Merza dalam sambutannya menyampaikan, sudah menunggu sejak lama terbentuknya kepengurusan HPI Siak, karena sebut dia, bisa melayani wisatawan yang datang ke kabupaten Siak.

“Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan selamat dan tahniah atas dilantiknya HPI cabang Siak. Tentunya ini, kami berharap adik-adik sebagai pemandu wisata bisa melayani wisatawan yang berdatangan ke Kabupaten Siak,”kata dia.

Sambung dia, sebagai pemandu wisata harus memiliki inovasi dan kreatifitas dalam mempromosikan daerah agar wisatawan tertarik untuk datang ke Kabupaten Siak.

“Selain kreatif dalam promosi paket wisata, pemandu juga bekerjasam dengan berbagai pihak seperti trevel tour di Indonesia. Ini tantangan bagi kita bersama bagaimana pariwisata di Siak ini bisa lebih dikenal masyarakat luas,”tutur dia.

Husni mencontohkan promosi kota Jogja pemerintah setempat melibatkan anak-anak Melinial yang memiliki cara tersendiri untuk promosi wisata di kotanya.

“Seperti jogja itu anak-anak milenial nya mempunyai cara tersendiri bagaimana mempromosikan wisata yang ada di sana,”sebut dia lagi.

Pemkab Siak terus mendorong perkembangan pariwisata yang ada di kabupaten Siak dengan cara menambah dan mempercantik tempat wisata yang ada.

“Insyaallah kita akan membuat bis pariwisata dan kapal wisata untuk menunjang wisatawan yang datang ke Kabupaten Siak, tentunya perlu adanya kolaborasi Pemkab Siak dengan pemandu wisata yang hari ini dilantik," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Siak Dastian Susila mengatakan akan melakukan kerjasama dengan travel-travel baik dari dalam maupun luar Riau.

Ada sekitar 40 pramuwisata yang dilantik malam itu, merupakan putra dan putri dari Kabupaten Siak.

"Programnya kedepan bagi pemandu adalah membagi jadwal kepada kawan kawan pemandu untuk dapat bertugas dan memperkuat pengetahuan pemandu wisata terkait objek, rumah makan, hotel dan tempat oleh-oleh," papar dia.*