Dugaan Pelecehan Seksual di Kampus, Ini yang Dilakukan Iluni UIN IB Padang

Dugaan Pelecehan Seksual di Kampus, Ini yang Dilakukan Iluni UIN IB Padang

30 November 2022
Kampus UIN IB Padang

Kampus UIN IB Padang

RIAU1.COM - Pengurus Ikatan Alumni (Iluni) UIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bergerak cepat membantu penuntasan kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kampus.

Iluni UIN IB Padang telah membentuk tim pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kampus yang dikomando Wengki Purwanto, Mantan Ketua PBHI Sumbar yang kini menjabat sebagai Direktur Walhi Sumbar bersama dosen hukum yang juga mantan aktivis, Firdaus Diezo dan kawan-kawan.

Ketua Harian Pengurus Iluni UIN IB Padang, M. Rifki seperti dimuat Langgam.id mengatakan, sejumlah pengurus Iluni dijadikan tim pencari fakta untuk mengungkap kasus dugaan pelecehan seksual yang diduga dilakukan oknum dosen di kampus UIN Imam Bonjol Padang.

“Ini bentuk dukungan dan peran kami sebagai alumni. Kasus ini harus dituntaskan karena sudah menjadi konsumsi publik,” ujar Rifki melalui keterangan resminya, Rabu (30/11/2022).

Pembentukan tim pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kampus, kata Rifki, lahir atas dasar hasil rapat pengurus Iluni UIN IB Padang yang digelar 25 November 2022.

Loading...

Menurut Rifki, tim ini dibentuk untuk mencari fakta soal dugaan kasus pelecehan seksual yang sudah heboh di berbagai pemberitaan media massa.

“Ini juga untuk pendampingan korban sekaligus mendampingi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN IB Padang yang sedang mengawal kasus ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Rifki, pengurus alumni berharap agar Rektor UIN IB Padang juga dapat menyelesaikan persoalan ini secara bersama-sama. “Ini demi nama baik kampus yang sama-sama kita cintai,” kata dia.*