Kompetisi Robotic Internasional, MAN 1 Bukittinggi Jadi yang Terbaik

Kompetisi Robotic Internasional, MAN 1 Bukittinggi Jadi yang Terbaik

20 Oktober 2023
Penyerahan hadiah kompetisi robotic internasional

Penyerahan hadiah kompetisi robotic internasional

RIAU1.COM - Prestasi membanggakan dalam dunia robotika internasional berhasil diraih MAN 1 Kota Bukittinggi.

Tim Minangkabau Robotik MAN 1 Bukittinggi meraih Juara 1 dalam kompetisi Robotik Transporter International Modern Robotic Olympiad (IMRO) di Ngawi 13-14 Oktober 2023 lalu.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh STKIP Modern dan Pemerintah Kabupaten Ngawi dan diikuti oleh peserta dari 47 negara yang berbeda.

Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi mengikuti lomba sekaligus berhasil membawa harum nama madrasah dan Kota Bukittinggi dalam Ivent Internasional Modern Robotik Olynpiad (IMRO) tahun 2023.

Tim Robotik MAN 1 Bukittinggi terdiri dari Nabil Ghaftani Fase F. 2, M. Ghufron Fase F. 8, Nayla Maulida Arrumi Fase F. 7 dan
Faizatun Najwa Nayla, Fase F. 1.

Nabil dan Ghufran harus menunda kemenangan di babak Final sementara Nayla dan Najwa berhasil mengalahkan pesaing dari berbagai negara dan berhasil meraih medali emas atau juara 1 dalam kategori Robot Sumo 1 Kilo gram.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, Eri Iswandi didampingi Plt Kasi Pendidikan Madrasah, Tri Andriani Djusair menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih Siswa MAN 1 Bukittinggi dalam ajang Robotik Internasional ini.

“Kami menyampaikan apresiasi dan bangga atas prestasi yang diraih Tim Minangkabau Robotik MAN 1 Bukittinggi. Kompetisi Robotik ini, khusus Sumo menantang peserta untuk merancang, memprogram, dan mengoperasikan robot Sumo yang mampu bertahan dan menumbangkan lawan pada arena laga yang telah ditentukan,” Eri Iswandi, Kamis 19 Oktober 2023 yang dimuat Katasumbar.

“Keberhasilan tim MAN 1 Kota Bukittinggi dalam menguasai teknik-teknik robotik ini tidak terlepas dari kesungguhan dan kerja keras mereka dalam berlatih sehingga mampu dalam merancang robot yang canggih menjadikan mereka yang terbaik dalam kategori ini,” sambungnya.

Eri Iswandi berharap prestasi ini dapat memotivasi para siswa Madrasah yang lainnya untuk mengali potensi diri masing-masing sehingga dapat berprestasi di bidangnya masing-masing.

“Jangan pernah berhenti berjuang.
Hal terpenting dalam hidup bukanlah kemenangan, tapi jantung setiap perjuangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Prestasi ini adalah bukti nyata dari kemampuan dan potensi luar biasa yang dimiliki oleh peserta didik Madrasah khususnya di MAN 1 Kota Bukittinggi,” katanya lagi.

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Irsyad menyatakan rasa bangga atas pencapaian tim Robotik dari MAN 1 Kota Bukittinggi.

“Kami sangat bersemangat untuk terus mendukung dan mendorong pengembangan minat dan bakat mereka di berbagai bidang, termasuk robotika,” ungkapnya.*