Pembukaan Penas Tani XVI di Padang Batal Dihadiri Presiden

Pembukaan Penas Tani XVI di Padang Batal Dihadiri Presiden

10 Juni 2023
Mentan Syahrul Yasin Limpo memberikan kata sambutan saat pembukaan Penas Tani XVI di Padang/Langgam.id

Mentan Syahrul Yasin Limpo memberikan kata sambutan saat pembukaan Penas Tani XVI di Padang/Langgam.id

RIAU1.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya dijadwalkan menghadiri pembukaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan Indonesia (Penas Tani) XVI di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), akhirnya batal hadir ke Padang.

Kehadiran Jokowi sendiri diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Jokowi akan melepaskan benih varietas dalam helatan Penas Tani XVI kali ini yang menjadi pertanda pembukaan Penas Tani XVI di Padang.

Selain itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani sebelumnya juga menyebutkan kemarin bahwa Jokowi juga akan hadir di acara yang tertunda selama 3 tahun ini.

Namun sampai pembukaan acara selesai, Jokowi tidak hadir juga. Mentan Syahrul dalam arahannya seperti dimuat Langgam.id mengatakan Jokowi tidak hadir dan digantikan oleh Airlangga Hartarto. Ia tidak menjelaskan secara detail terkait batalnya Jokowi membersamai petani seluruh Indonesia dalam agenda besar bagi petani ini.

"Yang kami hormati Presiden yang diwakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Kita ketahui acara ini adalah acara yang sangat dirindukan oleh petani seluruh Indonesia, hari ini adalah momen lepas rindu petani Indonesia di Padang," katanya, Sabtu (10/6/2023) yang dimuat Langgam.id.

Selain itu, ia menyebut pada momen Penas Tani ini menjadi momentum dalam menghadirkan konsepsi pertanian di Indonesia yang lebih baik. Menurutnya hasil dari petani adalah untuk kehidupan orang banyak.

"Hasil Pertanian ini menyentuh 280 juta orang banyak, yang mengharapkan hasil pangan yang lebih kuat. Presiden sendiri mengucapkan terimakasihnya pada seluruh petani dan nelayan," jelasnya.

Diketahui dalam pembukaan Penas Tani ini turut dihadiri sejumlah menteri, anggota DPR/DPD, Gubernur, DPRD, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia.*