Puluhan Khafilah MTQ di Solok Selatan Jatuh Sakit

Puluhan Khafilah MTQ di Solok Selatan Jatuh Sakit

17 Desember 2023
Khafilah MTQ di Solok Selatan

Khafilah MTQ di Solok Selatan

RIAU1.COM - Dilaporkan puluhan Khafilah MTQ Nasional XL-2023 Tingkat Provinsi di Solok Selatan (Solsel) dilaporkan jatuh sakit.

Menurut informasi, puluhan khafilah tersebut berasal dari Kota Padang Panjang, dan jumlahnya mencapai 46 orang.

Menurut tim medis yang bertugas, mereka banyak yang mengeluhkan sakit kepala, flu, batuk, meriang dan sakit tenggorokan.

“Ini terjadi kemungkinan besar cuaca yang kurang baik sejak kedatangan kafilah Padang Panjang ke Solok Selatan. Pada Senin kemarin, hingga saat ini, cuacanya masih sering hujan. Siang harinya panas, sorenya diguyur hujan deras,” ujar salah seorang petugas medis dr. Abdillah, Jumat (15/12) yang dimuat Katasumbar.

Ia mengatakan, petugas sejak Senin membantu kelancaran kegiatan MTQ. Pihaknya menyediakan satu ambulans, obat-obatan, vitamin, madu, oksigen, tensi meter dan termometer.

“Hingga siang tadi, obat yang kita bawa sudah habis diserahkan kepada para anggota kafilah, pelatih dan official. Kami sudah meminta kembali stok obat kepada panitia dan sudah ada lagi stok untuk Kafilah kita,” sebut dia.

Kemudian dia juga menjelaskan, apabila ada salah satu anggota kafilah yang sakit, tapi tidak bisa ditangani, pihaknya sudah koordinasi langsung dengan tim medis di Solsel.

“Seperti kemarin, ada yang sudah tiga kali ditangani namun tidak kunjung sehat. Kami langsung meminta bantuan dari medis Solsel. Mereka langsung cepat tanggap dan merawatnya,” sebut Abdillah.

Ia menambahkan, dirinya juga mengingatkan kepada para anggota kafilah agar menjaga kondisi mereka.

“Kami imbau untuk cukup tidur, jangan begadang dan keluar malam. Kurangi makan yang manis-manis. Serta jika terasa kurang sehat langsung melapor. Jangan didiamkan dulu baru minta ditangani," tukasnya.*