DPRD Inhil Gelar Sidang Paripurna Milad ke 59 Tahun 2024

DPRD Inhil Gelar Sidang Paripurna Milad ke 59 Tahun 2024

15 Juni 2024
Ketua dan Wakil Ketua DPRD Inhil bersama PJ Bupati dan Perwakilan PJ Gubernur Riau saat memimpin Rapat Paripurna Milad

Ketua dan Wakil Ketua DPRD Inhil bersama PJ Bupati dan Perwakilan PJ Gubernur Riau saat memimpin Rapat Paripurna Milad

RIAU1.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar rapat paripurna dalam rangka Milad ke 59 Kabupaten Inhil di Gedung DPRD Inhil Jalan HR Soebrantas Tembilahan, Jumat (14/6/24) siang.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Inhil Dr H Ferryandi ST MM MT didampingi para wakil pimpinan, Sekretaris Dewan (Sekwan) Indra Yevi Rais serta dihadiri Pj Bupati Inhil H Herman, Pj Gubernur Riau diwakili Kadispora Provinsi Riau Roni Rakhmat serta para anggota DPRD Inhil lainnya.

Tampak hadir juga unsur Forkompinda Inhil, anggota DPRD Riau dapil Inhil, mantan Bupati dan Wakil Bupati Inhil, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan Ormas dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya saat membuka rapat paripurna, Ketua DPRD Inhil H. Ferryandi menyampaikan, toleransi transformasi kembali untuk menjadi dasar filosofi bangsa dan bernegara khususnya di Kabupaten Inhil, menjadi tanda kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat yang pertama tentunya adalah pertumbuhan ekonomi yang baik bagi masyarakat Kabupaten Inhil.

Menurut Ferryandi, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu, pertama kita harus memahami bahwa Pilkada bukan hanya tentang memilih pemimpin tapi juga tentang menjaga dan merawat nilai-nilai demokrasi.

“Pilkada adalah wujud dari kedaulatan rakyat di mana setiap suara memiliki arti penting untuk menentukan arah masa depan Kabupaten Inhil,” ungkapnya.

Lanjut Ferryandi, hal Kedua adalah mari kita menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung, semua pihak baik penyelenggara peserta maupun masyarakat harus berkomitmen untuk menciptakan suasana yang kondusif.

“Pilkada yang damai adalah cerminan dari masyarakat yang dewasa dan bertanggung jawab seperti keberhasilan kita pada Pemilu Pileg dan Pilpres 14 Februari 2024 yang lalu, mampu menjadikan daerah kita ini damai kondusif dari awal sampai akhir,” lanjutnya.

Hal Ketiga, Ketua DPRD Inhil itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam kontestasi politik, sebab perbedaan pendapat adalah hal yang wajar namun perbedaan itu janganlah sampai menimbulkan perpecahan.

“Mari kita sikapi perbedaan dengan bijak dan dewasa serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” ajaknya.

Ferryandi berharap semua pihak berpartisipasi aktif dalam Pilkada ini serta menggunakan hak pilihnya dengan sebaik mungkin, pilih pemimpin yang benar-benar perduli dan memiliki komitmen untuk memajukan Kabupaten Inhil.

“Partisipasi aktif kita adalah kunci untuk mewujudkan pemerintah yang transparan dan akuntabel dalam kalimat yang sederhana. Siapapun yang maju di Pilkada Tahun 2024 adalah putra-putri terbaik Kabupaten Inhil,” pesannya.

Sementara itu Pj Bupati Inhil H Herman menyebutkan, bahwa peringatan Milad Ke-59 Kabupaten Inhil tahun 2024 ini mengusung tema dengan semangat Milad ke-59 mari kita sukseskan Pilkada Kabupaten Indragiri Hilir yang damai dan sportif.

"Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada Tanggal 27 November 2024 yang akan datang, merupakan bagian integral dari Pilkada serentak seluruh Indonesia, yang meliputi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, dan dimana sekarang ini telah dan akan berlangsung tahapan Pilkada," sebut Herman.

Untuk mewujudkan Pemilihan Umum Kepala Daerah yang demokratis, bermartabat dan aman serta lancar, menurut PJ Bupati maka diperlukan suasana kedamaian, sikap dan tindakan sportif dari seluruh penyelenggara, peserta dan dan seluruh komponen pendukung dan masyarakat, sehingga kedaulatan rakyat benar-benar terimplementasikan melalui pesta demokrasi Pilkada Serentak.

“Dipandang perlu juga melakukan percepatan pencapaian tujuan pembangunan yang didapat diukur melalui indikator tujuan yang selanjutnya menjadi indikator makro pembangunan Kabupaten Inhil,” pungkasnya.

Selanjutnya, bersempena Milad ke-59 ini, Pemerintah Kabupaten Inhil juga memberikan penghargaan Gemilang Award Tahun 2024 sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh masyarakat Inhil yang telah berjasa dan menjadi inspirasi keteladanan dalam kegiatan keagamaan, pendidikan, pemerintahan, pembangunan, sosial, budaya, ekonomi dan entrepreneur. (Advertorial)