Dinas PUPR Pekanbaru Harus Rampungkan Perbaikan 23 Titik Jalan Rusak Sebelum Lebaran

Dinas PUPR Pekanbaru Harus Rampungkan Perbaikan 23 Titik Jalan Rusak Sebelum Lebaran

15 Maret 2023
Seorang pekerja Dinas PUPR Pekanbaru tengah menambal lubang di salah satu jalan di Pekanbaru. Foto: Istimewa.

Seorang pekerja Dinas PUPR Pekanbaru tengah menambal lubang di salah satu jalan di Pekanbaru. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru akan memperbaiki 23 titik jalan rusak selama bulan Ramadan. Perbaikan jalan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara saat beraktivitas selama Lebaran nanti.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah,  Selasa (14/3/2022), menyebutkan, jalan rusak yang bakal diperbaiki itu, termasuk ruas jalan yang akan dioverlay (diaspal ulang). Jalan yang akan diaspal ulang itu adalah Jalan Parit Indah. 

Ada tujuh ruas jalan yang akan diaspal ulang pada tahun ini. Jalan tersebut antara lain, Jalan Parit Indah, Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, Jalan Pemuda, Jalan Suka Karya, Jalan Delima, dan Jalan Dahlia.

Dari tujuh ruas jalan itu, empat di antaranya akan diaspal ulang menggunakan bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Riau. Keempat jalan tersebut yakni Jalan Parit Indah, Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, dan Jalan Pemuda. Sedangkan tiga ruas jalan lagi diaspal ulang menggunakan anggaran Pemko Pekanbaru.

Perbaikan jalan

Dinas PUPR Pekanbaru terus melakukan perbaikan jalan rusak yang merupakan program prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Dalam satu bulan, ditargetkan ada puluhan titik jalan yang diperbaiki.

"Dalam satu bulan itu, kami diberi target memperbaiki 33 ruas jalan rusak yang tersebar di 15 kecamatan," ucapnya.

Pada Maret ini, jalan rusak yang menjadi target perbaikan di antaranya Kecamatan Bukit Raya dan Payung Sekaki masing-masing terdapat 7 titik. Marpoyan Damai 3 titik, Sukajadi 2 titik, Tenayan Raya 2 titik, Limapuluh 1 titik, Rumbai 2 titik, dan Kecamatan Binawidya 2 titik. 

"Sampai sekarang sudah 10 titik yang kami perbaiki," kata Plt Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah. 

Dalam proses perbaikan jalan, ada beberapa kendala. Sehingga, perbaikan jalan tidak sesuai jadwal pengerjaan seperti banyaknya permintaan warga. 

"Berbagai permintaan warga ini membuat jadwal bisa berubah ditambah dengan kondisi cuaca yang cenderung hujan menghambat kegiatan tambal sulam. Untuk mempercepat pengerjaan perbaikan jalan ini, kami juga butuh penambahan tungku masak aspal," ucap Edu, sapaan akrabnya. 

Rp20 Miliar untuk Jalan

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, anggaran sebesar Rp20 miliar telah dialokasikan untuk perbaikan jalan rusak dengan sistem tambal sulam dan overlay. 

"Anggaran ini naik sedikit, sekitar Rp20 miliar. Anggaran ini juga termasuk untuk pasukan kuning," ungkapnya.

Sebanyak 200 titik jalan rusak yang jadi target perbaikan pada tahun ini. Perbaikan jalan rusak harus mencapai 50 titik setiap tiga bulan. 

Kota Pekanbaru mengelola 1.946 ruas jalan dengan total panjang 1.277 kilometer. Dari jumlah itu, sekitar 74,5 persen dalam kondisi baik. Jalan dalam kondisi rusak berat sekitar 25 persen. 

"Jalan dalam kondisi mantap ini sudah sangat tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang hanya 60 persen," sebut Indra Pomi.