Pesantren Ramadan di Bengkalis Libatkan Pihak Kepolisian

Pesantren Ramadan di Bengkalis Libatkan Pihak Kepolisian

18 Maret 2024
Peserta Pesantren Ramadan di Bengkalis

Peserta Pesantren Ramadan di Bengkalis

RIAU1.COM - Pengiat/Penyuluh Agama Islam Dai Bermasa Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis menggelar Pesantren Ramadhan di sejumlah desa. 

Kegiatan melibatkan narasumber dari Polsek dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlilndungan Anak (PPPA) Kabupaten Bengkalis, dibuka langsung Camat Bantan, Rafli Kurniawan.

“Alhamdulillah, pada pembukaan pagi kemarin berjalan lancar. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu wahana untuk meningkatkan ilmu agama bagi kalangan generasi muda,” kata Koordinator Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Dai) Kecamatan Bantan, ustadz Arpi Yanto.

Momentum Ramadhan tahun ini, sambung dia, diharapkan diisi dengan kegiatan yang melibatkan pemuda dan pemudi generasi penerus di desa. Materi dipadukan sesuai dengan kebutuhan pemuda dan pemudi hari ini. Diantara materi yang disajikan para Dai Bermasa meliputi penyelenggaraan jenazah, praktik ibadah, tahsin al qur'an dan wirid dan doa setelah sholat. 

Selama Pesantren Ramadhan ini, dai bekerjasama dengan Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis yang menyampaikan materi tentang penanganan psikologi keluarga. Kemudian anggota Polsek Bantan menyampaikan materi tentang pencegahan tindakan kriminalitas. 

Kegiatan ini berlansung selama dua hari pada setiap kelompok dai desa yang ada di kecamatan Bantan. Hari pertama diisi pemateri dari personil Polsek Bantan dan Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis. Selanjutnya pada hari kedua materi agama yang disamapikan para dai Desa dan ditutup dengan buka bersama peserta. 

“Peserta Pesantren Ramadhan ini, meliputi pelajar SMP/MTs, pemuda-pemudi yang sudah menduduki bangku perkuliahan, anggota dan pengurus karang taruna desa,” terang Apri.*