Semua Perpustakaan Satuan Pendidikan Dasar di Kota Dumai Disiapkan Memenuhi Standar Nasional

Semua Perpustakaan Satuan Pendidikan Dasar di Kota Dumai Disiapkan Memenuhi Standar Nasional

24 Februari 2024
Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan di Kota Dumai

Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan di Kota Dumai

RIAU1.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai menggelar Sosialisasi dan Workshop Akreditasi Perpustakaan dalam rangka Pembinaan Perpustakaan pada satuan pendidikan dasar di Kota Dumai tahun 2024.

Sosialisasi ini dibuka Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan, dan SDM Setdako Dumai, Muhammad Yunus.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 128 peserta yang merupakan kepala sekolah atau perwakilan dari satuan pendidikan dasar di Kota Dumai.

Dalam sambutannya, Yunus mengatakan, bahwa sosialisasi dan workshop akreditasi perpustakaan ini penting dan strategis untuk dilaksanakan.

"Akreditasi perpustakaan sekolah sama pentingnya dengan akreditasi sekolah, karena proses akreditasi perpustakaan sebagai salah satu upaya untuk mencerdaskan anak bangsa melalui penyelenggaraan perpustakaan yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan,"papar dia.

Dia juga mengapresiasi Perpustakaan Sekolah di Kota Dumai yang telah menyandang predikat terakteditasi. Ia berharap perpustakaan sekolah yang telah terakreditasi bisa menjadi role model atau acuan bagi sekolah lainnya untuk meraih predikat tersebut.

"Kami mengapresiasi pihak sekolah yang perpustakaannya telah mendapat akreditasi. Semoga hal baik ini dapat menjadi acuan, dan bisa membantu perpustakaan sekolah lainnya untuk mendapatkan hasil akreditasi yang baik pula," tuturnya.

Sementara itu Kadispersip Kota Dumai, Raja Dona Fitri Illahi menerangkan bahwa sosialisasi dan workshop akreditasi perpustakaan ini digelar, guna melaksanakan amanat UU 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. 

"Tujuan yang ingin kita capai melalui kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca khususnya bagi anak dan masyarakat melalui berbagai bahan bacaan dan media untuk meningkatkan literasi di Kota Dumai," sebut dia.*