Gelar Kunjungan Ke Yogyakarta, AMSI Riau Tambah Wawasan Mengelola Bisnis Digital

Gelar Kunjungan Ke Yogyakarta, AMSI Riau Tambah Wawasan Mengelola Bisnis Digital

3 Agustus 2023
Gelar Kunjungan Ke Yogyakarta, AMSI Riau Tambah Wawasan Mengelola Bisnis Digital.

Gelar Kunjungan Ke Yogyakarta, AMSI Riau Tambah Wawasan Mengelola Bisnis Digital.

RIAU1.COM - YOGYAKARTA- Selama dua hari, 27-28 Juli 2023 seluruh pengurus dan anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau berada di Yogyakrta. Datang berkunjung sekaligus belajar bisnis digital pada sejumlah media di Kota Keraton tersebut.

"Perkembangan dan perubahan model bisnis media sangat cepat dan beragam. Karena itu, kami harus terus belajar. Terutama pada media-media digital di daerah lain yang terbukti berhasil memilih dan menerapkan model bisnisnya," papar Ketua AMSI Riau, Ahmad S. Udi dalam siaran persnya, Senin (31/7/2023).

Hari pertama, Kamis (26/7/2023), setelah mendarat di Bandara Adi Sucipto, rombongan langsung bertolak ke Kantor Redaksi Harian Yogya yang juga Sekretariat AMSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ahmad dan teman-teman disambut Pimred Harian Yogya yang juga Ketua AMSI Yogya Anton Wahyu Prihatono dan beberapa pengurus.

Sekitar dua jam diskusi digelar. Rombongan AMSI Riau mendapat sejumlah pengalaman baru pola bisnis media digital yang diterapkan Harian Jogjakarta.com dan media anggota AMSI Yogya lainnya, seperti mojok.co dan Suarayogya.com. Selain iklan stay advertorial langsung, pendapatan bisnis media bisa didapat dari pembuatan film pesan positif instansi atau perusahaan swasta.

"Sudah beberapa kali kami membuat film pendek untuk instansi pemerintah. Seperti dari Kesbangpol. Kami juga menyunting dan mencetak majalah dinas tertentu dari kabupaten tertentu," jelas Anton.

Meskipun belum signifikan, namun pemasukan dari kegiatan bisnis model baru ini, menurut Anton sangat membantu menopang kinerja bisnis perusahaan media yang belakangan terus meredup.

Kemudian pada hari kedua, Jumat (28/7/2023) rombongan AMSI belajar ke Kantor Redaksi Tribun Yogya. Pemimpin Redaksi Ribut Raharjo menerima kunjungan tersebut dengan penanggung jawab konten digital Ikrob.

Dalam pertemuan tersebut, media-media anggota AMSI Riau mendapat gambaran baru mengenai pentingnya memandaatkan media sosial untuk eksistensi bisnis media digital.

"Tapi untuk eksis dan menghasilkan harus terus berinovasi. Tidak bisa satu model bertahan dalam waktu lama. Selalu perlu inovasi untuk bisa menjaga keberlangsungan kunjungan," saran Ribut Raharjo.

Selain mendapat gambaran lisan dan grafik, rombongan juga berkesempatan mengunjungi dua studio digital Tribun Yogya.

Dari dua hari kunjungan belajar, Ahmad yakin anggota AMSI mendapat banyak ilmu yang sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis media digital di Riau. ***(Galeri Foto)