Minggu, 19 Januari 2020

GAYA-HIDUP

Ketombe Sering Terasa Gatal, Ini Penyebabnya

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Salah satu masalah kulit kepala yang banyak dialami masyarakat adalah ketombe. Selain bisa membuat orang malu, ketombe juga dapat menimbulkan rasa gatal di kepala. Tapi, apa sih penyebabnya?

Masalah ketombe biasanya muncul seperti sisik kering yang dapat menimbulkan serpihan-sepihan putih yang jatuh ke pakaian jika digaruk serta menyebabkan gatal di kulit kepala yang cukup mengganggu.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu kering, udara dingin atau suhu terlalu panas. Jika ketombe yang muncul menimbulkan rasa gatal kemungkinan karena mikroorganisme pityrosporum ovale memakan minyak yang ada di kulit kepala. Kondisi ini memicu ia untuk melepaskan asam lemak bebas pro-inflamasi yang mengakibatkan peradangan dan hipersensitivitas dan menyebabkan rasa gatal.

Baca Juga: Orang Kaya Miliki Harapan Hidup Lebih Lama daripada Orang Miskin, Simak Penjelasannya

www.jualbuy.com

Selain itu mikroorganisme ini juga bisa melepaskan bahan kimia beracun yang dapat berkontribusi terhadap infeksi jamur, seperti dikutip dari detikhealth Rabu (11/12/2019).

Seseorang juga menjadi lebih mudah memiliki ketombe karena beberapa hal seperti pola makan kurang zinc (seng), vitamin B dan juga lemak sehat, serta penyakit tertentu seperti parkinson, stres, serangan jantung atau menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Lunasi Utang Ternyata Buat Fungsi Otak Meningkat, Ini Penjelasannya

Iklan Riau1

Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengusir ketombe seperti mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala saat waktu tidur, saat pagi hari oleskan sedikit campuran antara jus lemon dan cuka ke kulit kepala dengan menggunakan kapas sebelum keramas, atau menggunakan campuran antara jus lemon dengan air hangat.





Loading...