Rabu, 22 Januari 2020

GAYA-HIDUP

Awas, Sering Duduk Bersila Bisa Sebabkan Hal Berbahaya Ini

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Duduk bersila memang nyaman dilakukan dimana saja. Duduk bersila juga sangat sering dilakukan oleh orang Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa jenis posisi duduk yang satu ini sangat tidak disarankan kita lakukan?

Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, posisi duduk tersebut bisa menyebabkan penyakit mematikan. Mengutip intisarigrid, duduk bersila, terutama dalam jangka panjang, maka kita bisa terkena varises.

Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises sering ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Baca Juga: Berbahaya! Jangan Gunakan Makeup di Waktu Ini

www.jualbuy.com

Baca Juga: 21 Januari Diperingati Hari Berpelukan Sedunia, Ini Manfaat Berpelukan

Iklan Riau1

Menurut para ahli, hal ini dikarenakan posisi duduk bersila membuat aliran darah tidak lancar dan membuat bagian lainnya tertahan. Biasanya, gejala awal dari gangguan aliran darah ini adalah munculnya kesemutan.

Jika hal ini kerap terjadi, maka varises bisa muncul pada kaki. Varises juga disebabkan oleh inkompentensi vena dalam melakukan fungsinya.

Karena darah tidak bisa kembali ke jantung dengan sempurna, maka pada pembuluh darah terjadi penumpukan darah dan akhirnya menyebabkan pelebaran ukuran pembuluh darah yang akhirnya terlihat menonjol pada kaki.

Para ahli menjawab sekitar 10 hingga 20 menit adalah batasnya. Setelah itu, ada baiknya kita memposisikan kaki lurus saja agar bisa mencegah varises.





Loading...