Pencak Silat Dinobatkan Jadi Warisan Dunia Tak Berwujud Oleh UNESCO

Pencak Silat Dinobatkan Jadi Warisan Dunia Tak Berwujud Oleh UNESCO

14 Desember 2019
Pencak Silat Dinobatkan Jadi Warisan Dunia Tak Berwujud Oleh UNESCO

Pencak Silat Dinobatkan Jadi Warisan Dunia Tak Berwujud Oleh UNESCO

RIAU1.COM - Pencak silat, seni bela diri tradisional Indonesia yang dicampur dengan tarian yang telah menemukan khalayak yang lebih luas dalam film dalam beberapa tahun terakhir, diakui pada hari Kamis sebagai bagian dari warisan dunia tak berwujud oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Majelis Umum antar-menteri UNESCO mengumumkan prasasti pencak silat ke dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan pada pertemuannya di Bogota, Kolombia, kata Kamapradipta Isnomo, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri.

Panitia menemukan bahwa disiplin memiliki unsur persahabatan dan membantu menjaga ketertiban sosial, baik di wilayah Indonesia, secara nasional atau bahkan internasional, kata Kama.

"Masuknya pencak silat sebagai warisan budaya takbenda [...] adalah bukti bahwa masyarakat internasional mengakui pentingnya seni bela diri yang telah diturunkan di Indonesia selama beberapa generasi dan bahkan hingga hari ini," kata direktur internasional organisasi untuk negara berkembang.

"Indonesia berkomitmen untuk melestarikan tradisi pencak silat, tidak hanya melalui instruksinya sebagai olahraga atau seni bela diri, tetapi juga dalam seni dan budaya."

Sebagai bentuk olahraga dan seni, pencak silat mengandung aspek pertahanan diri dan artistik. Setiap daerah di Indonesia mengejar gayanya sendiri yang berbeda sambil mempertahankan prinsip-prinsip dasar bersama.

Berbagai sekolah di seluruh nusantara membuktikan popularitas pencak silat di dalam negeri, tetapi seni bela diri telah menikmati audiensi yang lebih luas di luar Indonesia dalam beberapa tahun terakhir berkat praktisi seperti Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, yang telah muncul dalam waralaba film seperti The Raid, John Wick dan Star Wars.

Loading...

Dengan masuknya pencak silat, Indonesia sekarang memiliki 10 tradisi yang diakui sebagai warisan budaya dunia: wayang (teater wayang kulit), batik Indonesia, pendidikan dan pelatihan batik, angklung (alat perkusi nada bambu), tarian Saman dari Aceh, dan Tas jaring noken dari Papua, tiga jenis tarian tradisional Bali, pembuatan kapal Pinisi Sulawesi Selatan dan keris.

 

 

 

R1/DEVI