Video Gim Dan Cerita Asal Usulnya

Video Gim Dan Cerita Asal Usulnya

2 Januari 2020
Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Bagi pengembang video gim pertama di dunia, aspek visual menjadi konsentrasi pertama mereka.

Pengembang mewarnai piksel-piksel yang mulanya berbentuk monokrom. Indy 4 (Atari, 1976) dan Car Polo (Exidy, 1977) adalah percobaan perdana mereka dinukil dari tirto.id, Kamis 2 Januari 2019.

Hasilnya dapat dirasakan pada tahun 1980. Dimana menjadi awal kebangkitan gim yang dioperasikan dengan koin atau gim arkade. 

Atari menjadi perusahaan paling besar mengumpulkan pundi-pundi dari sektor ini. Mereka menciptakan gim Tank (1972), Asteroids dan Lunar Lander (1979). 

Lalu mereka juga produsen pertama yang mengembangkan teknologi gim yang bisa dimainkan di rumah dengan cara menghubungkannya ke televisi di tahun 1977.

Di belahan dunia lain, perusahaan start-up bernama Nintendo melirik pasar ini. Mereka menciptakan perangkat gim rumahan yang juga dapat dimainkan di televisi sambil bermalas-malasan.

Lalu Sega segera muncul menjadi pesaing mereka. Produsen ini memulainya dengan menciptakan gambar yang tidak hanya bisa maju dan mundur atau bergerak ke kanan dan kiri. Selangkah lebih maju dari pesaingnya.

Barulah diwaktu berikutnya, Sony mengikuti jejak mereka dengan mengeluarkan merk Playstation.