Tak Semua Buah Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Tak Semua Buah Boleh Dimakan Penderita Diabetes

22 Februari 2020
Ilustrasi buah mangga segar. Foto: Shutterstock.com.

Ilustrasi buah mangga segar. Foto: Shutterstock.com.

RIAU1.COM -Diabetes tak bisa disembuhkan tapi bisa dikontrol. Karena itulah penderita diabetes harus mengontrol makanan.

Salah memilih makanan, bisa-bisa gula darah naik. Bahkan, salah makanan bisa berdampak langsung bagi kesehatan.

Segala macam produk pangan yang serbatinggi kalori dan gula menjadi pantangan. Tak terkecuali sejumlah buah-buahan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Berikut daftar buah-buahan yang harus dihindari penderita diabetes, dilansir dari Tempo.co, Sabtu (22/2/2020).

Mangga
Mangga memiliki kadar gula yang tinggi. Setiap 100 gram daging buah mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram, yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah.

Sawo
Setiap 100 gram sawo mengandung 7 gram gula. Selain gula, sawo memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Anggur
Buah yang kaya serat, vitamin, dan nutrisi penting lain ini ternyata mengandung karbohidrat sebesar 15 gram dalam setiap 85 gramnya.

Aprikot kering
Penderita diabetes sebaiknya menghindari aprikot kering. Dalam 1 mangkuk buah aprikot segar mengandung 74 kalori dan 14,5 gram gula alami.

Prun atau plum kering
Prun kering memiliki nilai GI yang sangat tinggi, sebesar 103, sementara plum segar mengandung 24 gram karbohidrat dalam porsi seperempat mangkuk.

Nenas
Meskipun relatif aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, jika berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Srikaya
Meskipun sumber vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang baik, srikaya bukanlah pilihan terbaik untuk penderita diabetes. Satu porsi kecil sekitar 100 gram srikaya dapat mengandung karbohidrat sebesar 23 gram.

Semangka
Semangka memiliki nilai GI sebesar 72 dan setengah potong semangka mengandung sekitar 5 gram karbohidrat.

Pepaya
Buah ini memiliki nilai GI rata-rata 59. Pepaya juga tinggi karbohidrat dan kalori. Jika ditambahkan ke pola makan penderita diabetes, konsumsinya harus dalam jumlah terbatas.

Jus buah
Sebaiknya penderita diabetes menghindari jus buah. Pasalnya, jus tidak mengandung serat, cepat dimetabolisme, dan meningkatkan gula darah dalam hitungan menit.