Ternyata, Ini Fungsi Tyre Warmer, Selimut Ban yang Sering Dipakai Sebelum Balapan MotoGP

Ternyata, Ini Fungsi Tyre Warmer, Selimut Ban yang Sering Dipakai Sebelum Balapan MotoGP

30 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pecinta balap motor khususnya MotoGP, pasti kerap melihat ban motor dipasangi selimut sebelum balapan dimulai. Ternyata, ada fungsi tersendiri kenapa ban balap diselimuti sebelum dipakai.

Selimut yang dipakai buat menyelimuti ban disebut tyre warmer, yang digunakan untuk menjaga temperatur ban agar berada dalam kondisi yang diinginkan sebelum dipakai.

Berdasarkan situs MotoGP.com, meningkatkan temperatur ban dengan tyre warmer bisa berguna untuk meningkatkan performa ban.

Bos Michelin Motorsport, Piero Taramasso menjelaskan, tyre warmer menjaga ban tetap di level bawah dari rentang penggunaan optimalnya.

Jadi, menghangatkan ban ke temperatur dengan tyre warmer itu tidak berdampak signifikan pada performa ban selama balapan.

Hanya saja, menghangatkan ban dengan tyre warmer akan membuat pembalap lebih nyaman saat awal balapan.

Pemanasan ban yang sebenarnya itu bukan saat dipanaskan memakai tyre warmer, tapi saat melakukan warm-up lap.

"Dari hasil penelitian kami, penghangatan tidak berdampak pada grip, tapi bisa berfungsi saat warm up," ujar Piero Taramasso.

"Jadi, ban memang harus dipakai kira-kira 1 lap dulu untuk bisa panas. Banyak pembalap yang mengeluh grip ban di saat baru dipakai. Tapi itu bukan grip, itu hanya saat warm up lap pertama atau lap kedua, mungkin harus menekan lebih lagi di 1 lap agar bannya dalam kondisi bagus," jelasnya.

 

 

Sumber: Suara.com