Musim Hujan, Wiper Mobil Wajib Dijaga, Ini Tipisnya

Musim Hujan, Wiper Mobil Wajib Dijaga, Ini Tipisnya

8 Juni 2020
Wiper mobil

Wiper mobil

RIAU1.COM - Saat musim hujan, wiper sangat dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil dari guyuran air hujan yang menghalangi pandangan saat berkendara.

Salah satu bagian yang paling vital adalah blade karetnya, yang berfungsi untuk menghalau air menempel dipermukaan kaca mobil.

Jika blade wiper mengalami kerusakan, tentu tidak akan optimal dalam menghalau air dan akan membuat buram pandangan kaca.

Wiper ini harus tetap dijaga, karena tidak pernah tahu kapan blade akan kehilangan optimalisasi dalam bekerja.

"Tindakan ini sebenarnya lebih cenderung sebagai tindakan preventif dan juga pemeliharaan," kata seorang mekanik aksesoris mobil di Jakarta Selatan, Dede, melansir Otodriver, Senin 8 Juni 2020.

"Karet blade harus dijaga kebersihannya, sehingga debu yang menempel dan berpeluang untuk membuat goresan pada kaca dapat diminimalisir. Karena kalau rusak, tentu harus diganti,” sebutnya.

Dede mengungkapkan, untuk menjaga kelembaban karet, rutin dilap dengan minyak zaitun seminggu sekali. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan tissue.

"Selain minyak zaitun, bisa menggunakan bahan lain, seperti silikon spray yang disemprotkan pada permukaan blade setelah dipastikan bersih dari debu yang menempel," pungkasnya.