5 Rekomendasi Merek Ban Mobil Terbaik Dan Terpopuler di Indonesia

5 Rekomendasi Merek Ban Mobil Terbaik Dan Terpopuler di Indonesia

15 Oktober 2023
Foto: Internet.

Foto: Internet.

RIAU1.COM - Merek ban mobil terbaik menjadi satu hal yang tentunya dicari – cari oleh para pemilik kendaraan roda empat. Hal itu wajar karena ban memiliki peran yang sangat penting, baik untuk mobil baru maupun bekas. Selain untuk menghadirkan kenyamanan berkendara, namun performa si karet bundar juga menunjang aspek keselamatan.

Membahas soal merek ban, sebenarnya di pasaran ada banyak pilihan yang sangat beragam. Mulai dari merek ban buatan dalam negeri hingga yang datang dari mancanegara. Namun, pilihan yang terlalu banyak tersebut justru membingungkan bagi sebagian kalangan untuk memilih merek ban yang paling tepat digunakan.

Agar kamu lebih mudah memilihnya, berikut ini ada 5 rekomendasi merek ban mobil terbaik dan terpopuler di Indonesia :

1. Bridgestone

Meskipun namanya menggunakan bahasa Inggris, namun Bridgestone sejatinya merupakan salah satu merek ban asal Jepang yang pertama kali berdiri sejak tahun 1931. Di Indonesia sendiri, Bridgestone mulai beroperasi sejak tahun 1975 dengan diawali membuat ban untuk truk dan bus.

Bridgestone saat ini sudah memiliki lini produk yang sangat lengkap, mulai dari Ecopia dan Turanza yang menawarkan kenyamanan dan efisiensi bahan bakar. Ada juga Alenza dan Potenza yang menawarkan performa kendaraan lebih baik.

2. Goodyear

Goodyear adalah merek ban mobil yang sangat terkenal di Indonesia. Merek ban mobil ini berasal dari Amerika Serikat dan sudah berdiri sejak tahun 1898. Di Indonesia sendiri, Goodyear memiliki sejarah panjang karena sudah beroperasi di Tanah Air sejak masa penjajahan Belanda. Bahkan pabriknya yang berlokasi di kawasan Bogor disebut – sebut sebagai pabrik ban pertama di Indonesia.

Kini, Goodyear menawarkan produk – produk ban untuk kendaraan pribadi maupun komersial. Selain itu, merek ban mobil ini juga bermain di segmen armada angkutan perkebunan dan pertanian.

Goodyear menawarkan ban kendaraan penumpang seperti Assurance Comforttred, Assurance Maxguard SUV, Assurance Duraplus, atau Assurance Triplemax.

3. Michelin

Meskipun merek ban ini umum dijumpai pada mobil – mobil di jalan raya, namun Michelin memiliki reputasi yang baik di dunia otomotif. Menurut beberapa sumber, merek ban mobil ini pertama kali berdiri di Prancis pada tahun 1989.

Di Tanah Air, merek ban mobil ini beroperasi dibawah naungan PT Michelin Indonesia. Mereka menawarkan produk ban untuk kendaraan mobil penumpang, SUV, dan truk ringan. Soal harga bisa dibilang cukup mahal dengan banderol mulai dari Rp. 1 jutaan. Produk dari merek ban mobil ini yang sudah dikenal luas adalah Michelin Pilot Sport.

4. Dunlop

Dunlop juga merupakan merek ban mobil terbaik dan terpopuler di Indonesia yang memiliki pabrik di Kawasan Industri Indotaisei, Karawang, Jawa Barat. Dunlop tidak hanya memproduksi ban mobil saja, namun juga menawarkan pilihan ban motor dan truk untuk konsumen Indonesia. Untuk ban mobil, mereka membagi produknya ke dalam beberapa kategori seperti contohnya produk Drezza untuk kategori Sport, SP Sport untuk kategori Premium, atau Enasave untuk kategori produk Eco.

Selain itu, mereka pun memiliki kategori khusus SUV yang diisi dengan produk Grandtrek. Perlu diketahui, produk Dunlop juga menjadi ban bawaan pabrik untuk berbagai merek mobil Jepang.

5. GT Radial

GT Radial merupakan merek ban mobil asal Indonesia yang sudah memulai bisnisnya sejak tahun 1951. GT Radial merupakan merek ban mobil dari PT Gajah Tunggal. Sebenarnya PT Gajah Tunggal sendiri memiliki merek ban mobil lain seperti Giti, Gajah Tunggal, IRC Tire, dan Zeneos.

Untuk ban kendaraan penumpang, merek ini memiliki produk yang sudah dikenal luas, yaitu Champiro. Namun, Champiro membagi produk ban mereka ke dalam beberapa varian. Seperti contohnya varian Champiro Eco dan Champiro Luxe untuk produk ban yang mengedepankan kenyamanan. Selain itu, ada juga Champiro GTX Pro dan Champiro HPY yang lebih dikategorikan sebagai ban high performance.