8 Rekomendasi Microphone Bagus dan Jernih

8 Rekomendasi Microphone Bagus dan Jernih

7 Desember 2022
Foto: Pexels.com

Foto: Pexels.com

RIAU1.COM - Bagi Anda yang menekuni bidang tarik suara, atau menjadi Vlogger, Youtuber atau bahkan sekedar menghibur diri dengan berkaraoke di rumah, keberadaan 
microphone menjadi hal yang penting untuk dimiliki.  

Dengan adanya perangkat audio microphone yang berkualitas, tentunya dapat menunjang kinerja Anda di bidang tersebut. Microphone yang bagus dan berkualitas akan menghasilkan sebuah rekaman ataupun video yang suaranya jernih dan juga hasil yang maksimal. Agar tak salah pilih saat membelinya, mari simak 8 rekomendasi microphone bagus seperti di bawah ini :

1. Shure SM58
Merk microphone ini termasuk yang paling banyak diminati oleh penyanyi ataupun musisi karena mampu memberikan hasil rekaman pada sound vocal yang sangat baik. Selain cocok untuk digunakan pada acara live music, microphone ini juga cocok untuk dipakai bernyanyi musik-musik keras, karena screaming vocalnya yang dimilikinya terdengar cukup intens. Harga microphone ini berada pada kisaran 1 juta rupiah.

2. Shure Beta58
Masih dari merk yang sama, microphone ini harganya memang sedikit lebih mahal dibanding tipe Shure di atas, namun, kelebihan microphone Shure Beta ini terletak pada kemampuannya untuk membuat suara penggunanya terdengar lebih bersih dan jelas. Hal ini dikarenakan adanya neodymium magnet yang memberikan hasil output lebih tinggi sehingga suara yang dihasilkan pun menjadi lebih jelas dan jernih. Mikrofon ini juga mampu memberikan hasil output yang bersih dari suara-suara di sekitar yang mengganggu. Harga microphone ini sekitar 1,5 juta - 2 juta rupiah.

3. Behringer C1
Jika Anda mempunyai home recording, microphone satu ini cocok digunakan karena dapat menghasilkan hasil rekaman yang sangat baik untuk home recording Anda. Harganya berada di kisaran 1 juta rupiah. 

4. M-Audio Nova
Bentuknya yang unik menyerupai kapsul memiliki kualitas sedikit di atas Behringer C1. Dengan microphone ini, Anda bisa mendapatkan hasil mixing dan mastering yang baik. Untuk harga, microphone ini bisa Anda dapatkan dengan bujet sekitar Rp 1-1,5 juta rupiah.  

5. Sennheiser XS1
Microphone yang didesain sederhana ini sangat cocok untuk penggunaan hobi menyanyi ataupun penyanyi pemula yang baru memulai karirnya. Tanpa sistem pengoperasian yang sulit, nyaman saat digunakan tanpa menyebabkan suara penggunanya memantul saat bernyanyi. Microphone ini dibanderol di kisaran 800 ribuan.  

6. Audio Technica AT2020
Microphone seharga 1-1,5 juta rupiah ini mampu memberikan hasil rekaman yang maksimal dan dirancang untuk merekam vokal, suara drum ataupun instrumen akustik dan elektrik. 

7. Rode NT3
Mic ini sangat cocok untuk merekam penggunaan gitar akustik karena mampu menangkap hasil suara dari gitar akustik dengan cukup baik. Selain gitar, microphone ini juga cocok untuk merekam vokal serta suara dari alat musik lainnya seperti drum berfrekuensi tinggi, bass, perkusi dan lain sebagainya. Harga microphone ini sekitar 2-3 juta rupiah. 

8. Rode NTK
Microphone seharga 5 jutaan ini banyak digunakan musisi ternama karena sifatnya yang terbukti awet dan cocok digunakan dalam jangka panjang. Kualitas suara pada microphone ini juga tak perlu diragukan lagi karena mampu menangkap suara tanpa adanya distorsi sehingga hasil suaranya jelas dan jernih. 

Itulah 8 rekomendasi microphone bagus dengan hasil suara jernih untuk semua keperluan Anda. Untuk mendapatkan microphone berkualitas yang original, Anda bisa membelinya melalui marketplace Blibli yang sudah menjamin kualitas dan originalitas semua produknya. Selain banyaknya promo diskon harga, dan voucher gratis ongkir, Anda pun tak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan microphone incaran Anda.