Makan lni Agar Kolesterol Tinggimu Cepat Turun

Makan lni Agar Kolesterol Tinggimu Cepat Turun

17 Desember 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA yang merupakan dokter spesialis jantung mengatakan untuk memperbanyak konsumsi sayur agar sakitnya berkurang. 

dr Vito mengatakan ada kandungan yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat yang disebut dengan fltosterol. 

"Fitosterol berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat, jadi maksudnya saat kita makan dia sebagian diserap duluan. Karena dia kompetisi bentuknya mirip dengan kolesterol, jadi ini dia diserap duluan," ungkap dr Vito dilansir dari detikHealth, 4 Desember 2018.

Futosterol merupakan steroida (sterol) yang terdapat di dalam tanaman. Bentuknya mirip dengan kolesterol, makanya otak bisa terkecoh untuk menyerapnya terlebih dahulu dibandingkan si kolesterol jahat. 

Untuk mendapatkannya, kamu diharuskan banyak makan sayuran. 

"Seharusnya kita kalau makan, setengah piring kita sudah berisi sayur. Karbohidrat itu tidak boleh Iebih dari sekepalan tangan, tangan kita sendiri Iho ya jangan tangan orang lain," ungkapnya. 

Karbohidrat yang dimaksud disini adalah karbohidrat yang ada di piring makan kita. Tambahkan juga sumber protein dan vitamin dalam piring makan agar Iebih baik lagi. 

Namun yang paling penting adalah olahraga. Bila pola makan sudah baik, maka sudah sepatutnya diimbangi dengan gaya hidup yang sehat sehingga kolesterol tinggimu cepat turun.