Terduga Anggota BIN Gadungan Ditangkap Intel Kodim 0306 Limapuluh Kota

Terduga Anggota BIN Gadungan Ditangkap Intel Kodim 0306 Limapuluh Kota

25 November 2022
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Unit intel Kodim 0306 Limapuluh Kota menangkap seorang pria berinisial AS karena ketahuan mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN) yang ternyata gadungan.

Pria 43 tahun ini diketahui diamankan di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (24/11/2022) sekitar pukul 23.00 WIB.

Menurut Komandan Kodim 0306 Limapuluh Kota, Letkol Infanteri Mochammad Denny Nur Cahyono, penangkapan AS berawal dari laporan masyarakat. Selain anggota BIN, AS juga mengaku sebagai personel TNI.

“Dia mengaku anggota BIN, Polisi, TNI dari Kodam I Bukit Barisan dan wartawan juga,” ujar Denny, Jumat (25/11/2022) seperti dimuat Langgam.id

Denny menyebutkan, motif AS mengaku sebagai aparat untuk melakukan pemalakan atau sejenis pungutan liar. Dari penangkapan ini disita sejumlah barang bukti.

“Jadi motifnya menekan masyarakat untuk mengambil keuntungan. Yang jelas seperti pemalakan, pungutan liar,” katanya.

Keberadaan AS terdeteksi ketika itu berada di rumah salah seorang warga. Denny mengungkapkan, dari laporan warga itu tim kemudian melakukan penggrebekan.

“Diamankan di rumah warga, lagi mau malak orang. Dalam mobilnya banyak kartu identitas ditemukan. Ada juga kaos Kodam, topi polisi dan TNI,” jelasnya.*