Sabtu, 28 November 2020

INTERNASIONAL

Maryam, Satu-Satunya Wanita yang Namanya Dijadikan Surat Dalam Al-Quran

news24xx


Ilustrasi wanita berhijab (foto: Istimewa/internet) Ilustrasi wanita berhijab (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tahukah bahwa Maryam binti Imran adalah satu-satunya perempuan yang namanya dijadikan surat dalam Al-Quran.

Alasannya karena Allah Subhanahuwataala menjadikan Maryam sebagai wanita istimewa baik dari segi garis keturunannya mapun tingkah lakunya dinukil dari kumparan.com, Senin, 29 Juni 2020.

Seperti yang terkandung dalam surat QS. Ali Imran ayat 42 yang artinya:

“Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang sesama dengan kamu).”

Baca Juga: Sejarah Ular Tangga, Permainan Sederhana yang Ajarkan Anak Masuk Surga



www.jualbuy.com

Pembuktiannya, dimulai ketika Maryam dilahirkan di Nashirah, Nazareth, Palestina dari rahim Hannah binti Faqudha, istri Ali Imran bin Matsan.

Baca Juga: Sejarah Lampu Sein, Komponen Penting Pengganti Lonceng Pada Kendaraan

Ibunya, Hannah merupakan adik dari istri Nabi Zakaria Alaihiwassalam. Maka, Maryam adalah keponakan dari Nabi Zakaria Alaihiwassalam dan pernah diasuh olehnya. Anak dari Nabi Zakaria pun adalah seorang nabi, yakni Nabi Yahya Alaihiwassalam.

Lalu, dari rahim Maryam, lahirlah seorang pemuda yang mulia dan saleh yang menjadi nabi, yakni Nabi Isa Alaihiwassalam. Hampir serupa dengan Nabi Adam Alaihiwassalam, Maryam mengandung Nabi Isa tanpa seorang ayah.

Allah Subhanahuwataala langsung yang meniupkan ruh ke rahim Maryam seperti firman Allah SWT dalam QS. At-Tahrim ayat 12 yang artinya:

"Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat."





loading...
Loading...
DN06 | beacukai