Kampar Ingin Jadi Daerah Swasembada Beras

Kampar Ingin Jadi Daerah Swasembada Beras

21 Agustus 2022
Pj Bupati Kampar tinjau irigasi sawah

Pj Bupati Kampar tinjau irigasi sawah

RIAU1.COM - Bagian dari upaya percepatan realisasi produksi beras, Pj Bupati Kampar Dr Kamsol melakukan peninjauan irigasi di Binuang Kecamatan Bangkinang akhir pekan ini.

Pada kesempatan tersebut dengan berjalan kaki, Pj Bupati bersama rombongan melakukan pengecekan terhadap irigasi maupun pintu-pintu irigasi.

Dr Kamsol yang didampingi oleh kelompok Tani Binuang, Usman dan anggota mengecek sarana dan prasarana irigasi yang belum lengkap, seperti alat penurun dan penaik bar penahan air.

Kamsol meminta agar ini dapat dilengkapi. Begitu juga terhadap kondisi irigasi yang telah dilakukan perbaikan dan pembangunan untuk percepatan mewujudkan produksi pertanian khususnya beras.

"Untuk tahap awal ini kita olah lahan yang ada di beberapa lokasi, alhamdulilah telah mulai kita lakukan pengolahan tanah dan Penanamam," kata Kamsol.

Desa Binuang Kecamatan Bangkinang ini, sebut dia, dapat diadikan pilot projek untuk mendukung produksi beras Kampar, yang nantinya akan dilaunching dengan nama Beras Kampar Cap Ulu Kasok.

Loading...

"Untuk luasan lahan diawal ini seluas 100 hektare dan terus kita tingkatkan," tutur dia.

Dikatakan Kamsol Kampar memiliki potensi lahan seluas 26 ribu hektar, namun yang saat ini dapat dioleh masyarakat seluas 4 ribu haktare saja, dan jika potensi ini dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi bukan tidak mungkin Kampar akan mampu menjadi swasembada beras.

"Namun untuk saat ini bagaimana kita merubah pola fikir kita untuk kembali ke sawah, dan pemerintah telah membuat koperasi pemasok beras masyarakat sehingga produksi beras dapat bernilai ekonomi dan ini akan meningkatkan kesejahteraan petani Kampar ” Kata Kamsol.*