Arti Penting Keberadaan Pondok Pesantren Menurut Pj Bupati Kampar

Arti Penting Keberadaan Pondok Pesantren Menurut Pj Bupati Kampar

22 Januari 2023
Pj Bupati Kampar tutup acara MTQ

Pj Bupati Kampar tutup acara MTQ

RIAU1.COM - Bertempat di Pondok Pesantren (PP) Syekh Burhanuddin Desa Kuntu Darussalam Kecamatan Kampar Kiri, Pj. Bupati Kampar Dr Kamsol menutup pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XII antar Kafilah PP Syekh Burhanuddin, Sabtu (21/1) malam.

"Ada tiga manfaat dari penyelenggaraan MTQ ini, pertama sebagai syiar agama, kedua dapat sebagai penguat ukhuwah islamiyah, dan yang ketiga yang tak kalah pentingnya MTQ bermanfaat untuk pelestarian budaya baca Al Qur'an. Mari kita tumbuh kembangkan minat baca Al-Quran di tengah-tengah masyarakat," kata Kamsol. 

Kemudian Kamsol juga mengatakan bahwa Pondok Pesantren merupakan bagian dari integral sistem pendidikan nasional. Yang mana pondok pesantren dituntut untuk terus menerus mengembangkan kwalitas para santri dan santriwati. 

"Pondok pesantren juga harus mampu menciptakan santri dan santriwati yang benar-benar menguasai sepenuhnya Al Qur'an, harus mampu menetralisir dengan perkembangan zaman yang serba digital dalam era modernisasi," ujar dia.

Untuk itu, sambung dia, kegiatan MTQ baik dari tingkat apapun harus tetap ada, dilestarikan dan dikembangkan karena MTQ juga merupakan solusi dalam permasalahan degradasi moral yang dialami oleh bangsa.

"Saya terkesima dengan pelaksanaan dan kemewahan pelaksanaan MTQ di PP Syekh Burhanuddin ini, sudah seperti tingkat kabupaten," sebut dia.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan PP Syekh Burhanuddin, Buya H. Ahmad Junaidi Jamarin menyampaikan bahwa MTQ ini hanya tingkat intra sekolah saja, antar kafilah berdasar kedaerahan atau asal daerah yang merupakan santri dan santriwati PP Syekh Burhanuddin.

"Kegiatan ini telah terhenti selama tiga tahun karena adanya Covid-19, dan baru tahun ini diadakan kembali" ujar Buya H. Ahmad Junaidi Jamarin.**