Dari 792 CJH Kampar Tahun Ini, 15 Persen Lanjut Usia

Dari 792 CJH Kampar Tahun Ini, 15 Persen Lanjut Usia

7 Mei 2024
Pembukaan Manasik Haji Kampar

Pembukaan Manasik Haji Kampar

RIAU1.COM - Pada musim haji tahun 2024 ini, ada sebanyak 792 calon jema'ah haji (CJH) Kabupaten Kampar akan diberangkatkan ke tanah suci.

Demikian disampaikan Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar, saat membuka manasik calon jemah haji Kabupaten Kampar, Selasa (7/5/2024).

Dalam arahannya, Ahmad Yuzar menyampaikan kepada semua CJH untuk selalu menjaga kesehatan.

"Ini sangat perlu, agar selama pelaksanaan haji di tanah suci Mekah nantinya bisa menunaikan rukun haji, dan sunat haji, sehinga nantinya bisa menjadi haji yang mabrur,"kata dia.

Untuk CJH tahun ini sendiri, sebut dia, terlihat 15% jema'ah Kampar merupakan jema'ah lanjut usia, ini berisiko tinggi bidang kesehatan.

"Untuk itu, diminta kepada seluruh petugas khususnya tim kesehatan agar senentiasa menjaga kekompakan dan kerja sama dalam membimbing seluruh jema'ah," ujar dia lagi.

Kemudian, untuk pelaksanaan manasik selama dua hari, dia meminta untuk diikuti dengan sungguh-sungguh. 

"Karena yang akan kita laksakan lebih kurang 40 hari di tanah suci Mekah nantinya adalah apa yang kita pelajari saat ini bersama," sebut dia.

Sementara itu Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kampar, H Fuadi Ahmad, dalam laporannya menyampaikan bahwa dari 792 orang CJH Kabupaten Kampar tahun nantinya akan diberangkatkan dengan empat kali penerbangan.

"Untuk kloter penuh sendiri, dijadwalkan akan berangkat dari Bangkinang pada tanggal 14 Mei 2024 menuju Batam, dan dari Asrama Haji Embar Kasih Batam sendiri akan diberangkatkan menuju Arab Saudi pada tanggal 16 Mei 2024 Berjumlah sebanyak 442 orang,"jelasnya.

Selanjutnya, tambah dia, penerbangan kedua kloter 10 pada tanggal 21 Mei 2024 sebanyak 192 CJH yang tergabung dengan CJH Kota Dumai. 

"Kemudian Penerbangan berikutnya pada tanggal 22 Mei dari Bangkinang sebanyak 154 orang yang tergabung dengan CJH Kabupaten Kuantan Singingi, serta penerbangan campuran ada beberapa orang dari Kampar," tukasnya*