Kendalikan Inflasi, Pemkab Kampar Mengaku Terus Lakukan Operasi Pasar

Kendalikan Inflasi, Pemkab Kampar Mengaku Terus Lakukan Operasi Pasar

28 Agustus 2023
Rakor inflasi daerah

Rakor inflasi daerah

RIAU1.COM - Rapat koordinasi rurin Pengendalian Inflasi Daerah yang dilaksanakan secara daring dari kantor Bupati Kampar, Senin (28/8/2023) diikuti Inspektur Kabupaten Kampar Febrinaldi Tri Darmawan, S. STP mewakili Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus.

Rapat Koordinasi terkait inflasi daerah pada akhir Agustus 2023 ini kembali membahas kenaikan harga sembako, ketersedian dan jalur distribusi. 

Dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri  Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian yang di dampingi oleh Badan Pusat Statistik Amalia, Deputi III Badan Pangan Nasional Andriko Noto Susanto, Kementerian Perdagangan  Bambang Wisnubroto, Bulog Epi Suandari,  beserta seluruh Stakeholder terkait.

Ketersediaan bahan pangan menjelang tahun politik yang akan menimbulkan dinamika baru, oleh karena itu Mendagri Tito Karnavian menyampaikan berdasarkan data statistik secara nasional kab/kota mengalami kenaikan IPH (Indeks Pengembangan Harga) mengalami kenaikan 1% dari minggu sebelumnya. 

"Sebagian besar IPH terjadi diluar pulau Jawa" ucap Tito

Ada beberapa komoditas penyumbang utama kenaikan IPH di sejumlah kabupaten kota sampai minggu keempat, yaitu cabai rawit, cabai merah dan beras.

"Yang menjadi perhatian saat ini harga beras rata-rata bulan Agustus lebih tinggi dibanding 6 bulan sebelumnya" ujar Tito.

Penyebab terjadinya kerterbatasan pasokan beras yang mulai berkurang, karena seiring kurangnya aktifitas panen padi yang di akibatkan cuaca. 

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan menyatakan bahwa Pemkab Kampar terus melakukan berbagai tindakan nyata dalam penanggulangan inflasi daerah.

"Pada hari ini Pemkab Kampar bersama beberapa perusahaan melakukan operasi pasar di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tapung, disamping itu kita terus memantau kondisi harga pasar dan ketersedian sembako," sebut Febrinaldi.*