Pj Kamsol Minta OPD Fokus pada Program Penguatan Ekonomi Masyarakat

Pj Kamsol Minta OPD Fokus pada Program Penguatan Ekonomi Masyarakat

9 Desember 2022
Pj Bupati Kampar buka Forum RKPD

Pj Bupati Kampar buka Forum RKPD

RIAU1.COM - Pj Bupati Kampar, Dr H Kamsol membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sekaligus pengumuman pemenang lomba inovasi daerah Kabupaten Kampar tahun 2023, Jumat (9/12/2022) di Aula Balai Bupati Kampar. 

"Diharapakan penyusunan program bagi OPD fokus pada penguatan ekonomi masyarakat, ketahanan pangan, pembinaan UMKM, serta pelaksanaan agenda pusat yakni pesta demokrasi pemilihan umum" Kata Kamsol. 

Dia menambahkan, dalam arah kebijakan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pasal 65 menyebutkan bahwa salah satu tugas kepala daerah adalah menyusun dan menetapkan RKPD, sejalan dengan undang-undang yang dimaksud, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD mengamanatkan kepada kita untuk tertib dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan di daerah. 

"Dari evaluasi dari data yang ada, dari ekonomi makro estimasi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kampar 5 tahun terakhir tahun 2017-2022 cendrung mengalami fluktuasi," sebut dia.

Kondisi ini, sebut dia, diperparah oleh pandemi Covid-19 yang menyerang dunia pada tahun 2020, termasuk Indonesia. Hal ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi negatif, begitu juga Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Kampar.

Forum RKPD sebut dia, merupakan wadah musyawarah yang melibatkan pemangku kepentingan Kabupaten Kampar untuk pemutakhiran rancangan awal RKPD.

"Dokumen rancangan awal RKPD tahun 2024, akan menjadi acuan oleh perangkat daerah untuk menyusun rancangan renja perangkat daerah harus mengacu kepada program prioritas yang tertuang dalam rancangan awal RKPD 2024,"ucap Kamsol.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardy Mardiansyah menyampaikan tujuan Forum Konsultasi Publik dalam Penyusunan Rancangan Awal RKPD yaitu, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024 dengan aspek demokratis, menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas sasaran pembangunan tahun 2024.

"Memperoleh rumusan sementara terhadap prioritas sasaran pembangunan tahun 2024, mendapat rincian rancangan awal, kerangka anggaran dan kerangka regulasi menurut perangkat Daerah, dan dari Forum ini bisa menjadi acuan referensi penyusunan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah dan juga jadi bahan masukan untuk musyawarah rencana pembangunan tahun 2024 nantinya," papar dia.*