Wujudkan Ketahanan Pangan Kampar, Bendungan Petapahan-Tibun Direhabilitasi

Wujudkan Ketahanan Pangan Kampar, Bendungan Petapahan-Tibun Direhabilitasi

8 Agustus 2023
Bendungan Petapahan-Tibun

Bendungan Petapahan-Tibun

RIAU1.COM - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau melakukan rehabilitasi daerah irigasi Petapahan-Tibun Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. 

Rehabilitasi tersebut menindaklanjuti keluhan warga terkait Bendung Petapahan-Tibun yang mengalami pendangkalan sehingga irigasi daerah setempat tidak berjalan normal. 

"Iya, tahun ini kita melalui kegiatan APBD Provinsi Riau melakukan pekerjaan rehabilitasi daerah irigasi Petapahan-Tibun. Kegiatan ini menindaklanjuti keluhan warga karena bendung mengalami pendangkalan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR-PKPP Riau, Yufendri awal pekan ini.

Lalu Yufendri menjelaskan, dalam melakukan rehabilitasi daerah irigasi tersebut, tiga unit alat berat jenis ekskavator diturunkan sekaligus.

"Kita menurunkan alat berat ekskavator tiga unit. Anggaran kegiatan rehabilitasi ini sekitar Rp1,5 miliar. Saat kondisi bendungan Petapahan-Tibun sudah fungsional sebagai mestinya. 

Dengan begitu, masyarakat sangat terbantu dengan telah fungsional bendung tersebut, karena daerag irigasi telah berfungsi sesuai yang diharapkan. 

"Karena rehabilitasi ini dalam rangka ketahanan pangan di Kampar. Sebab daerah bendung Petapahan-Tibun memiliki luas daerah potensi irigasi seluas 1.200 hektar. Sedangkan sawah yang ada lebih kurang 250 hektar," sebut dia.*