Anggota DPRD Batam: Jangan Bayar Parkir Tarif Baru

Anggota DPRD Batam: Jangan Bayar Parkir Tarif Baru

7 Februari 2024
Layanan parkir di Kota Batam/Kompas.com

Layanan parkir di Kota Batam/Kompas.com

RIAU1.COM - Anggota DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho mengaku tengah menunggu keputusan pemerintah untuk menunda kenaikan tarif parkir baru. Apalagi sudah ada kesepakatan dari 6 fraksi yang menolak untuk kenaikan tarif parkir di Kota Batam.

“Sudah rapat terkait parkir ini, dan 6 fraksi sudah meminta penundaan , intinya menolak kenaikan tarif parkir saat ini,” ujar Udin, Selasa ( 6/2) yang dimuat Batampos.

Pendapat dari fraksi telah disampaikan ke pimpinan dewan. Namun ia belum tahu, apakah pimpinan dewan sudah melanjutkan rekomendasi itu ke pemerintah kota Batam.

“Mengenai pimpinan dewan sudah mengeluarkan rekomendasi atau belumnya, itu yang belum tahu. Sebab rekomendasi dari kami ini yang melanjutkan pimpinan,” ujar Udin.

Kenaikan tarif parkir saat ini ujar dia dirasa sangat janggal. Apalagi, Dishub Batam memiliki target PAD dari retribusi parkir sebesar Rp 15 miliar. Padahal, tanpa harus dinaikan, target PAD dari retribusi parkir, menurut Udin sudah bisa Rp 30 miliar.

“Target Rp 15 miliar setelah kenaikan ini yang tak masuk akal. Sebelum kenaikan saja, harunya bisa sampai Rp 30 miliar, namun pada kenyataanya, setiap tahun PAD dari retribusi ini hanya ada diangka Rp 4 miliar lebih, tak pernah sampai Rp 5 miliar,” papar Udin lagi.

Menurut dia, pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Batam juga tak pernah transparan soal data yang ada. Bahkan saat DpRD Kota Batam meminta data, Dishub tak bisa memberikan. Mulai dari berapa jumlah titik parkir, jumlah kendaraan bermotor, baik roda dua dan roda empat, begitu juga dengan jumlah juru parkir (jukir).

“Nah ini yang tak pernah disampaikan. Kami sudah minta data, tapi tak diberi. Terkait Jukir ini seharusnya juga dapat perhatian, mereka harus juga dapat perlakuan yang layak,” sebut Udin.

Karena menilai pemerintah kurang transparan. Apalagi untuk kenaikan, Pemerintah Kota Batam tidak pernah melibatkan DPRD Kota Batam.

“Alasan kenaikan saja tak jelas,” ujar Udin.

Bahkan Udin meminta masyarakat untuk tidak membayar parkir sesuai tarif baru. Apalagi, kenaikan dilakukan saat ekonomi masyarakat Batam belum stabil.

“Saya imbau, masyarakat jangan bayar parkir tarif baru. Masyarakat juga jangan takut terhadap juru parkir yang mengertak, karena kita di negara hukum, yang pastinya ada aturan hukum untuk semuanya,” tutur Udin.*