BKSDA Evakuasi Dua Buaya Muara di Sagulung Batam

BKSDA Evakuasi Dua Buaya Muara di Sagulung Batam

20 April 2024
Buaya yang tampak di wilayah Sagulung/iNews.id

Buaya yang tampak di wilayah Sagulung/iNews.id

RIAU1.COM - Dua ekor buaya muara dari pemukiman warga di Seilangkai, Sagulung berhasil dievakuasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Mukakuning Rempang Batam 

“Operasi evakuasi pada Jumat malam kemarin dilakukan setelah tim kami mengamati keberadaan tiga ekor buaya secara langsung,” kata Kepala Resort BKSDA Mukakuning Rempang Batam, Yon Romby Sihotang yang dimuat Batampos.com

Sebut dia, menurut informasi dari masyarakat, masih ada beberapa ekor buaya lain yang berkeliaran di area tersebut hingga pesisir pantai Dapur 12, Sagulung. 

“BKSDA berencana berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan lebih lanjut,” tuturnya.

Yon Romby menjelaskan bahwa evakuasi ini merupakan upaya terakhir setelah sebelumnya dilakukan edukasi kepada masyarakat sekitar.

“Lokasi ini merupakan habitat alami buaya. Sebab lebih dahulu habitat tersebut sebelum adanya pemukiman warga,” terangnya.

Kemudian dia menambahkan, BKSDA akan mencari solusi terbaik untuk menyeimbangkan antara aspek konservasi dan keamanan masyarakat.

Salah satu solusinya adalah dengan merekomendasikan kepada pihak Polsek dan Camat setempat untuk memasang pagar pembatas bertingkat antara pemukiman warga dengan habitat buaya.

“Hal ini diharapkan dapat meminimalisir konflik dan interaksi antara manusia dan buaya di masa depan,” tukasnya.*