Mesin PLTU Balai Karimun Rusak, Defisit Daya Capai 2,1 Mega Watt

Mesin PLTU Balai Karimun Rusak, Defisit Daya Capai 2,1 Mega Watt

6 Oktober 2023
PLTU Balai Karimun Kepri

PLTU Balai Karimun Kepri

RIAU1.COM - Kembali terjadi gangguan di unit 2 mesin PLTU Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau (Kepri). 

Berdasarkan keterangan Manajer ULP PLN Tanjung Balai Karimun Budimansyah, mengatakan terjadinya gangguan kerusakan di unit 2 mesin PLTU Tanjung Balai Karimun dikarenakan terjadi kebocoran tube boiler.

"Dengan adanya gangguan di unit 2 mesin PLTU Tanjung Balai Karimun. Maka, PLN mengalami defisit daya mencapai 2,1 Mega Watt (MW),” terangnya, Kamis (5/10) yang dimuat Batampos.

Proses perbaikan sebut dia membutuhkan waktu beberapa hari. Mengingat, unit 1 mesin PLTU Tanjung Balai Karimun harus dilakukan pendinginan terdahulu yang kemudian baru dilanjutkan perbaikan terhadap kebocoran tube boiler. Dengan estimasi lebih kurang satu minggu atau hingga 11 Oktober mendatang.

"Saat ini kemampuan pembangkit listrik PLN mencapai 29,45 MW dan beban puncak mulai pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB sebesar 31.55 MW. Maka terjadi defisit daya listrk yang akan dilakukan kerjasamanya kepada pihak pelanggan besar seperti perhotelan maupun swalayan untuk menggunakan genset sementara saat beban puncak,” papar dia.

Dengan itu, lanjut Budi lagi dapat meminimalisir terjadinya pemadaman listrik sementara kepada pelanggan masyarakat umum. Mengingat, 10 unit mesin yang ada di PLTD Bukit Carok saat ini masih dalam proses pekerjaan yang juga membutuhkan waktu.

"Sebelumnya, saya mohon maaf atas ketidaknyaman pelanggan PLN. Dan, mohon dukungan dan doanya agar teman-teman yang ada di PLTU Tanjung Balai Karimun dapat segera dilakukan perbaikan secepat mungkin,” harapnya.*