Harga Minyak Goreng Curah di Kuansing Melonjak Tinggi

Harga Minyak Goreng Curah di Kuansing Melonjak Tinggi

4 November 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Pada pekan lalu, harga bawang merah di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), sempat mengalami lonjakan yang cukup tinggi, yakni menyentuh harga Rp40 ribu per Kg.

Namun, pada pekan ini harga bawang merah sudah kembali normal. Hasil pemantauan sembako yang dilakukan Dinas Koperasi UKM Perdagangan Industri (DiskopUKM Dagrin) Kuansing, Rabu (03/11/2021), menunjukkan harga bawang merah Rp28.000 per Kg.

"Bawang merah sudah kembali normal, karena stok sudah terpenuhi. Kemaren sempat naik dikarenakan kurangnya pasokan dari Sumbar dan Pekanbaru," kata Kepala DiskopUKM Dagrin Kuansing, Drs Azhar.

Lanjut Azhar, justru saat ini pasokan bawang putih yang berkurang. Akibatnya, terjadi lonjakan harga sebesar Rp3.000 dari minggu sebelumnya. Kendati demikian, harga tersebut masih di bawah HET. "Minggu lalu Rp25 ribu per Kg, sekarang Rp28 ribu per Kg," sebut dia.

Sambung dia menjelaskan, komoditi lain yang mengalami kenaikan adalah minyak goreng curah. Saat ini, harganya Rp17.000 per Kg, sedangkan HET-nya sebesar Rp10.500 per Kg.

"Kalau minyak goreng curah, kenaikan tak hanya di Kuansing, tapi juga terjadi di beberapa daerah," tutur Azhar.*