Masuk Pasar Modern, UMKM Kuansing Diberi Pelatihan Khusus

Masuk Pasar Modern, UMKM Kuansing Diberi Pelatihan Khusus

19 Oktober 2023
Sekdakab Kuansing, H. Dedy Sambudi

Sekdakab Kuansing, H. Dedy Sambudi

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah (Sekdakab) Kuantan Singingi (Kuansing) H. Dedy Sambudi membuka pelatihan Mitra UMKM bersama PT. Indomarco Prismatama pekan ini.

Pelatihan kewirausahaan mandiri Mitra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini ditaja Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian (Kopdagrin) dengan tema Strategi Peningkatan Kualitas Produk Menuju UMKM Naik Kelas.

"Ini sebagai bentuk komitmen bersama antara pemerintah daerah dengan jaringan pengecer waralaba minimarket Indomaret, dalam membina dan memajukan UMKM di Kuantan Singingi untuk masuk ke pasar modern atau gerai-gerai Indomaret hingga ke pasar global. Mudah mudahan juga lahir Pengusaha Muda sukses dari Kuansing, seiring dengan pelatihan UMKM ini," ujar Bupati di sampaikan Sekda H. Dedi Sambudi.

Sekda menambahkan, bahwa pelatihan ini merupakan sarana bagi UMKM lokal untuk dapat mengambil ilmu yang bermanfaat sebagai bekal dalam memperbaiki produk, membaca peluang-peluang usaha serta menumbuhkembangkan usaha yang ditekuninya.

Sementara Pimpinan Cabang PT Indomarco Prismatama Pekanbaru Antonius Budiono menyampaikan bahwa tujuan terlaksananya pelatihan UMKM agar para pelaku UMKM semakin kreatif, dapat menembus pasar modern, mendukung pemerintah daerah dalam pengembangan UMKM.

"Sebagai usaha dalam peningkatan kualitas UMKM, Indomaret memberikan pelatihan dengan memaparkan beberapa materi kepada peserta pelatihan yakninya packaging, pemasaran hingga seleksi produk untuk bisa masuk ke gerai retail Indomaret serta dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemda Kuansing dan PT Indomaret Prismatama untuk pengembangan dan pembinaan UMKM," papar dia.*